Sumbawa Barat Miliki Rumah Produksi Gula Aren Bersertifikasi BPOM

Menu

Mode Gelap

BISNIS · 27 Agu 2023

Sumbawa Barat Miliki Rumah Produksi Gula Aren Bersertifikasi BPOM


Sumbawa Barat Miliki Rumah Produksi Gula Aren Bersertifikasi BPOM Perbesar

Sekongkang, KOBARKSB.com – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, H W Musyafirin, meresmikan rumah produksi gula aren di Desa Tongo, Kecamatan Sekongkang. Rumah produksi gula aren ini merupakan binaan langsung dari PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT).

“Kita harap rumah produksi ini mampu memproduksi gula aren terbaik. Tak hanya gula aren, tapi juga bisa dalam bentuk lain,” kata Musyafirin, didampingi Ketua TP PKK Sumbawa Barat, Hj Hanipah, Minggu, (27/8).

Bupati berharap perubahan dari jenis produk yang dihasilkan selaras dengan pendapatan yang diperoleh masyarakat. Sehingga mampu memberikan dampak ekonomi bagi para pelaku usaha di bidang ini.

“Ketika produksinya bagus, produknya bagus tetapi jika tidak diikuti dengan pendapatan yang bagus pula, percuma. Saya harap dengan adanya rumah produksi ini bisa menaikkan pendapatan semua pelaku, termasuk para petani aren,” ujarnya.

Orang nomor satu di Sumbawa Barat ini juga mengapresiasi upaya yang dilakukan PT AMMAN Mineral Nusa Tenggara yang sudah mampu mengeksplorasi potensi yang ada dalam masyarakat.

“Ini merupakan terobosan baru yang sangat luar biasa, mudah-mudahan ini terus berkelanjutan dan merambah sektor-sektor UMKM lain di Sumbawa Barat,” tandasnya.

Rumah produksi gula aren ini merupakan program pembinaan PT Amman Mineral Nusa Tenggara. Mereka sebelumnya telah diberikan pendampingan sebanyak 12 kali pertemuan kepada 20 orang petani aren dan masyarakat.

“Produk yang dihasilkan sudah mendapatkan legalitas bersertifikasi BPOM Mataram dan merupakan yang pertama kali di Sumbawa,” tutur Rizani, pendamping petani aren.

Selain itu, rumah produksi yang diresmikan hari ini juga sudah terstandarisasi CCPOB. Vice President of Social Impact PT AMNT, Priyo Pramono, mengapresiasi semua pihak yang ikut menyukseskan hadirnya rumah produksi ini.

“Sinergi semua pihak dapat meningkatkan kualitas produksi dan tentunya meningkatkan taraf hidup dan perekonomian dari para petani aren,” kata Rizani. (*/kdon)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com


Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Gempur Pita Cukai Palsu, Laporkan Peredaran Rokok Ilegal – Iklan DBHCHT

28 Mei 2024 - 14:24

Gempur Pita Cukai Palsu, Laporkan Peredaran Rokok Ilegal - Iklan DBHCHT - Bea Cukai Sumbawa

Pengumuman Hasil Seleksi PPS Pilkada KSB 2024

27 Mei 2024 - 19:53

Pengumuman Hasil Seleksi PPS Pilkada KSB 2024 - KPU KSB

Kejari KSB Ungkap Dugaan Korupsi Pembangunan Sekolah dan Mafia Tanah, Total Kerugian Negara Capai Rp 4,4 Miliar

21 Mei 2024 - 02:46

Kejari KSB Ungkap Dugaan Korupsi Pembangunan Sekolah dan Mafia Tanah, Total Kerugian Negara Capai Rp 4,4 Miliar - Titin Herawati Utara - Kajari KSB

Amman Mineral Kembali Buka 16 Lowongan Kerja di Tambang Emas Sumbawa Barat

20 Mei 2024 - 19:14

Amman Mineral Kembali Buka 16 Lowongan Kerja di Tambang Emas Sumbawa Barat - Tambang Batu Hijau PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

Selamat Memperingati Hari Reformasi – Iklan Diskoperindag KSB

20 Mei 2024 - 17:49

Hari Reformasi - Diskoperindag KSB

Selamat Hari Kebangkitan Nasional – Iklan Diskoperindag KSB

19 Mei 2024 - 22:22

Harkitnas - Diskoperindag KSB
Trending di PARIWARA
Don`t copy text!