Promosikan Tenun Lokal, Dekranasda KSB Gelar Ajang Teratai Fashion Show

Menu

Mode Gelap

PARIWISATA · 11 Des 2023

Promosikan Tenun Lokal, Dekranasda KSB Gelar Ajang Teratai Fashion Show


Promosikan Tenun Lokal, Dekranasda KSB Gelar Ajang Teratai Fashion Show Perbesar

Taliwang, KOBARKSB.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terus melahirkan berbagai inovasi mempromosikan penggunaan tenun lokal. Fashion Show dan Fashion Week, di antara promosi yang dipilih organisasi yang menghimpun pencinta, peminat seni untuk mengembangkan produk kerajinan kelompok usaha kecil dan menengah ini. 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari sejak, Jum’at hingga Sabtu itu, tenun lokal disulap menjadi busana casual dan trendi, busana yang biasa digunakan dalam kegiatan sehari-sehari.

“40 persen tenun lokal, 60 persen kain biasa. Didesain sehingga cocok untuk digunakan dalam kegiatan formal maupun non formal,” jelas Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) KSB, Hj Hanipah Musyafirin, Sabtu, (9/11).

Hanipah mengakui kegiatan seperti ini merupakan bentuk promosi langsung kepada klayak ramai jika tenun lokal tak kalah jika dipadukan dengan konsep pakaian kekinian. Kelompok pejabat eselon III dan IV mengusung busana casual, organisasi wanita desain kebaya tradisional sementara kategori umum formal resmi.

“Perpaduan desain dan bahan campuran yang ditampilkan dalam kegiatan ini menjadikan tenun lokal cukup menarik dan indah,” katanya lagi.

Kegiatan seperti ini merupakan gelaran ketiga Dekranasda KSB. Hj. Nanik demikian istri bupati KSB ini disapa mengakui, konsep kegiatan tersebut tidak hanya untuk kalangan ASN atau gabungan organisasi wanita, tapi juga untuk umum.

“Sekarang kita libatkan juga gabungan organisasi wanita termasuk kalangan umum. Sehingga sosialisasi penggunaan tenun lokal ini lebih merata,” tambahnya.  

Sementara itu, Bupati Sumbawa Barat, H W Musyafirin, menegaskan, bahwa KSB saat ini sudah memasuki usia ke 20 tahun. Konsep Sumbawa Barat juara harus ditunjukkan dalam berbagai bidang.

“Salah satu cara menunjukkan kecintaan terhadap Sumbawa Barat di antaranya cinta produk lokal, melalui penggunaan tenun asli KSB,” katanya. 

Bupati juga mengingatkan, fashion show dan fashion week yang digelar Dekranasda KSB ini merupakan bagian dari memperkenalkan cara berpakaian yang baik dan benar, kesesuaian pilihan warna dan motif.

“Ini bagian dari kita belajar bagaimana cara memilih berpakaian yang baik dan benar. Tidak perlu mahal, tapi nyaman dipakai itu sudah sangat luar biasa,” ingatnya. 

Penggunaan tenun lokal saat ini memang menjadi salah satu program prioritas yang saat ini tengah digalakkan Kementerian Dalam Negeri, Pemprov NTB maupun Pemda Sumbawa Barat.

“Penggunaan produk dalam negeri, produk lokal saat ini masif dilakukan. Ini bentuk kecintaan kita terhadap hasil karya penenun lokal,” tambahnya. 

Menariknya, kegiatan ini juga diikuti Bupati Sumbawa Barat dan Wabup Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin. Keduanya terlihat gagah berjalan di Catwalk, Panggung peragaan yang dipusatkan di gedung Hanipati Resto. Selain Bupati, Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Yasmara Harahap, Dandim 1628/SB, Letkol Inf Octavian Englana Partadimadja juga ikut ambil bagian. (*/kdon)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com


Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 68 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H – KOBARKSB.com

16 Juni 2024 - 22:44

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan

10 Juni 2024 - 13:48

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan - Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat

8 Juni 2024 - 17:48

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat - Tambang Emas PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat

5 Juni 2024 - 01:58

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat - Supersucks - Pantai Sumbawa Barat - Amman Mineral

Pelaku Curanmor di Taliwang Dibekuk, 3 Sepeda Motor Hasil Curian Disita

3 Juni 2024 - 19:01

Pelaku Curanmor di Taliwang Dibekuk, 3 Sepeda Motor Hasil Curian Disita - Polres Sumbawa Barat

Raja Muda Sumbawa Naik Tahta, Deapati Koasa Ling Anorawi Beri Dukungan Penuh

30 Mei 2024 - 19:04

Raja Muda Sumbawa Naik Tahta, Deapati Koasa Ling Anorawi Beri Dukungan Penuh - H W Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat
Trending di EDITOR'S PICK
Don`t copy text!