Bupati Sumbawa Barat Raih STBM Award Paripurna dan Padapa Swasti Saba 2023

Menu

Mode Gelap

NEWS · 28 Nov 2023

Bupati Sumbawa Barat Raih STBM Award Paripurna dan Padapa Swasti Saba 2023


Bupati Sumbawa Barat Raih STBM Award Paripurna dan Padapa Swasti Saba 2023 Perbesar

Jakarta, KOBARKSB.com – Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meraih dua penghargaan sekaligus di bidang kesehatan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Dua penghargaan itu masing-masing Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award kategori Paripurna dan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) kategori Padapa Swasti Saba.

“Penghargaan ini menjadi penyemangat kita untuk terus mewujudkan dan meningkatkan derajat pelayanan kesehatan masyarakat Sumbawa Barat,’’ kata Bupati Sumbawa Barat, H W Musyafirin, usai menerima penghargaan dari Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin pada malam anugerah STBM Award dan KKS yang berlangsung di Jakarta, Selasa, (28/11).

Tahun 2023 ada 6 Provinsi ditetapkan sebagai pembina terbaik, 1 Provinsi 100 persen Open Defecation Free (ODF) di seluruh Kabupaten/Kota. Swasti Saba Tahun 2023 diraih 136 Kabupaten/Kota. 27 kategori Wistara, 34 Wiwerda dan 75 Padapa. Untuk STBM Award total 33 Kabupaten/Kota. 20 kategori pratama, 9 madya dan 4 paripurna.

KSB menjadi satu-satunya Kabupaten/Kota di Provinsi NTB berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus tahun ini. STBM Award merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada Kabupaten/Kota yang secara konsisten, memiliki komitmen dan partisipasi tinggi dalam pemacuan dan partisipasi masyarakat di bidang higiene dan sanitasi. Ajang ini dilaksanakan sekali dalam dua tahun.

“Untuk STBM kita sudah Paripurna, ini menjadi kebanggaan tersendiri. Tapi kita tidak boleh puas sampai di situ, ke depan bagaimana kita mempertahankan dan meningkatkan status menjadi yang terbaik pertama melalui kerja kolaboratif dan gotong royong,” ujar Bupati.

Padapa Swasti Saba diharapkan menjadi pemicu sekaligus penyemangat bagi Pemda KSB untuk terus melakukan perbaikan ke depan.

“Ini menjadi langkah awal bagaimana ke depan kita bisa lebih baik lagi,” tukasnya.

Swasti Saba merupakan program kolaborasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Program ini mengadopsi program World Health Organization (WHO), organisasi kesehatan dunia yang bernaung di bawah kendali Persatuan Bangsa-bangsa (PBB). 

Di Indonesia, program ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 1998 untuk enam kota. Baru pada tahun 2005 diterbitkan regulasi bersama oleh Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri untuk seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia. Kota/Kabupaten yang berhasil melaksanakan Program Swasti Saba diberikan penghargaan setiap dua tahun sekali dan terbagi dalam tiga kategori, yaitu Papada, Wiwerda dan Wistara dan STBM Award kategori Paripurna, Madya dan Pratama.

“Saat ini baru 364 dari 515 Kabupaten/Kota berhasil meraih penghargaan tersebut untuk masing-masing kategori,” jelas Muhajir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Pemerintah Pusat mengapresiasi Kabupaten/Kota yang tahun ini berhasil meraih penghargaan tersebut. Termasuk apresiasi kepada daerah yang berhasil menaikkan kategori untuk masing-masing penghargaan.

“Apresiasi kita berikan kepada daerah yang telah menunjukkan kesungguhan dalam memberikan pelayanan, tanpa membedakan, tanpa diskriminasi kepada masyarakat. Baik Kabupaten/Kota maupun Provinsi,” katanya.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) menambahkan, STBM Award maupun Swasti Saba merupakan gagasan besar yang saat ini sedang dibangun Kementerian Kesehatan. Indonesia saat ini dituntut harus bertransformasi terutama di bidang kesehatan.

“Kalau mau membangun Indonesia utuh, kesehatan harus merata. Ini harus disiapkan sungguh-sungguh. Termasuk harus ada transfer teknologi dari kota-kota besar ke daerah terpencil. Tanpa pemerataan, tidak akan sama penanganan kesehatan di kabupaten pedalaman dengan pelayan kesehatan di Jakarta,” ingatnya.

Semetara itu, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menegaskan, STBM Award maupun Swasti Saba yang digelar Kementerian Kesehatan bersama Kemendagri merupakan upaya pemerataan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia.

“Selamat kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang sudah berhasil lebih baik dari yang lain, menyehatkan warganya dan menciptakan kota lebih sehat,” katanya.

Menteri Kesehatan (Menkes) mengakui saat ini ada kecenderungan masyarakat bermigrasi ke kota, sehingga menjadikan daerah tersebut lebih padat sehingga memunculkan banyak masalah kesehatan.

“Orang hidup di kota sekarang lebih banyak. Migrasi ini hal yang tidak bisa terelakkan. Saat ini saja ada sekitar 180 juta penduduk Indonesia tinggal di kota, kita perkirakan pada tahun 2030 mendatang ada sekitar 227 juta penduduk kita bermigrasi ke kota,” tutup Menkes. (*/kdon)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 92
    Bupati KSB: Pertambangan Punya Andil Besar Untuk Pengangguran dan KemiskinanTaliwang, KOBARKSB.com - Menurut Bupati Sumbawa Barat, H W Musyafirin, bahwa dengan keberadaan industri pertambangan, sektor ini sangat berperan besar terhadap angka pengangguran dan kemiskinan di daerah. “Terkait dengan pengangguran, bahwa KSB sebagai daerah tambang terdapat banyak sekali pendatang. Dan dampak dari mutasi penduduk, banyak berimbas pada peningkatan kemiskinan,” kata…
  • 90
    Kepala Daerah dan Sekda Sibuk Tebar Pesona Hadapi 2024, Birokrasi di KSB Terkotak-kotak dan Berkinerja BurukTaliwang, KOBARKSB.com - Pasca diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bahwa tahapan Pemilu 2024 dimulai 14 Juni 2022. Seketika tensi politik di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mulai memanas. Genderang perang antar bakal kandidat Kepala Daerah dan bakal calon legislatif pun telah ditabuh. Sayangnya, kondisi ini berakibat pada terkotak-kotaknya birokrasi setempat dan…
  • 90
    Menkes Uji Coba Pelayanan Kesehatan Primer Terpadu di Sumbawa BaratJereweh, KOBARKSB.com - Kementerian Kesehatan memperkuat komitmennya dalam melakukan transformasi pelayanan primer dengan melakukan uji coba Integrasi Layanan Primer (ILP) selama 90 hari di 9 lokasi, yang mewakili wilayah perkotaan, pedesaan, desa terpencil, dan desa sangat terpencil. Salah satu lokasi uji coba adalah Puskesmas Jereweh, yang berkesempatan dikunjungi Menteri Kesehatan,…
  • 90
    “Sumbawa Barat Smart” Jadi Slogan Harla KSB Ke-19Taliwang, KOBARKSB.com - Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sebentar lagi akan menginjak usia 19 tahun. Untuk memperingati hari lahir (Harla) KSB ke-19, Pemerintah KSB mengusung slogan "Sumbawa Barat Smart". Adapun maksud dan tujuan dari logo Sumbawa Barat Smart, menurut rilis Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, yang diterima media ini, Senin, (31/10), adalah…
  • 90
    Bupati Minta ASN KSB Jadi Contoh yang Baik dalam Bermedsos di Tahun PolitikTaliwang, KOBARKSB.com - Jelang masa kampanye Pemilu 2024, Bupati Sumbawa Barat, H W Musyafirin, mengajak segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemda KSB untuk tetap bekerja profesional dalam melayani masyarakat serta tetap menjunjung tinggi netralitas sebagai abdi negara. “Kita boleh berbeda pilihan, tetapi junjung tinggi netralitas sebagai ASN. Ini…
  • 90
    Promosikan Tenun Lokal, Dekranasda KSB Gelar Ajang Teratai Fashion ShowTaliwang, KOBARKSB.com - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terus melahirkan berbagai inovasi mempromosikan penggunaan tenun lokal. Fashion Show dan Fashion Week, di antara promosi yang dipilih organisasi yang menghimpun pencinta, peminat seni untuk mengembangkan produk kerajinan kelompok usaha kecil dan menengah ini. …

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

AMMAN Peduli Pendidikan, Beri Beasiswa kepada Siswa-Siswi Berprestasi di Sumbawa Barat

24 April 2024 - 17:08

AMMAN Peduli Pendidikan, Beri Beasiswa kepada Siswa-Siswi Berprestasi di Sumbawa Barat - AMMAN Scholars - PT Amman Mineral Internasional Tbk

Amman Mineral Buka Lowongan Kerja Tenaga Mekanik, Elektrik, dan Safety di Tambang Emas Sumbawa Barat

21 April 2024 - 12:55

Amman Mineral Buka Lowongan Kerja Tenaga Mekanik, Elektrik, dan Safety di Tambang Emas Sumbawa Barat - Tambang Batu Hijau PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

Amman Mineral Buka 13 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat

11 April 2024 - 09:13

Amman Mineral Buka 13 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat - Tambang Batu Hijau PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

PUPR KSB Dituding Tak Peduli Keselamatan Pengendara, Material Bekas Proyek Dibiarkan Berserakan

3 April 2024 - 20:31

PUPR KSB Dituding Tak Peduli Keselamatan Pengendara, Material Bekas Proyek Dibiarkan Berserakan - Proyek Jalan Hotmix PUPR Kabupaten Sumbawa Barat

AMMAN dan Pemda KSB Bersinergi Wujudkan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan di Sumbawa Barat

2 April 2024 - 19:58

AMMAN dan Pemda KSB Bersinergi Wujudkan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan di Sumbawa Barat - Program Pengelolaan Sampah Sekolah PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Kualitas Tak Kalah Saing, Universitas Cordova Berperan Aktif Meningkatkan SDM KSB

2 April 2024 - 03:56

Kualitas Tak Kalah Saing, Universitas Cordova Berperan Aktif Meningkatkan SDM KSB - Zulkifli Muhadli - Rektor Universitas Cordova
Trending di EDITOR'S PICK
Don`t copy text!