KTC SMART, Tempat Nongkrong dan Internet Gratis di Kompleks KTC Taliwang

Menu

Mode Gelap

ENTERTAINMENT · 11 Sep 2023

KTC SMART, Tempat Nongkrong dan Internet Gratis di Kompleks KTC Taliwang


KTC SMART, Tempat Nongkrong dan Internet Gratis di Kompleks KTC Taliwang Perbesar

Taliwang, KOBARKSB.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (Pemda KSB) kini telah menyediakan jaringan internet khusus secara gratis bagi mereka yang datang berkunjung atau sekedar nongkrong sambil browsing berbagai informasi terbaru di Komplek Kemutar Telu Center (KTC), Taliwang.

Program bernama KTC SMART ini, kini bisa diakses di 5 akses poin dalam area KTC. Program Digital Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ini telah mulai diberlakukan sejak pekan lalu.

“KTC SMART adalah penyediaan jaringan wifi gratis bagi masyarakat yang berada di kawasan KTC. Jadi bukan saja untuk ASN, masyarakat yang datang sekedar nongkrong ke KTC juga bisa menggunakan jaringan ini,” jelas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, melalui Kepala Bidang (Kabid) Kominfo, Firman Dwiputra, Senin, (11/9).

Internet gratis yang disediakan di area publik ini, jelas Firman, berkapasitas cukup besar. Untuk login seperti password cukup mengetik diskominfo2016, sekali klik pengguna langsung tersambung.

Program digitalisasi ini diakuinya masih cukup baru. Kendati demikian, penggunaan dan penyediaan jasa internet melalui Diskominfo Sumbawa Barat ini sebenarnya sudah dilakukan cukup lama.

“Fokus awal kita bagaimana menyediakan jaringan internet untuk OPD. Sampai saat ini hampir semua OPD sudah menggunakan internet dari Diskominfo. Rencananya, ke depan program ini akan dikembangkan atau disediakan untuk beberapa taman atau ruang terbuka yang ramai dikunjungi masyarakat,” tutur Firman.

Beberapa tempat yang direncanakan itu, terangnya, antara lain, Taman Tiangnam yang berada di wilayah Kelurahan Arab Kenangan, Kecamatan Taliwang.

“Kita juga akan pasang di beberapa tempat, rencana itu sedang kami siapkan. Tak hanya Taman Tiangnam, beberapa ruang publik lainnya juga akan kita upayakan,” janjinya.

Menurut Firman, meski menyediakan internet gratis di sekitar kawasan KTC, pemerintah tetap memberlakukan pembatasan. Terutama jam operasional internet atau wifi gratis tersebut untuk bisa diakses.

“Sengaja kami batasi, maksimal sampai pukul 22.00 WITA. Kebijakan ini diambil guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk mencegah penyalahgunaan internet untuk hal-hal negatif,” ujar Firman.

Sebab kalau dibiarkan beroperasi selama 24 jam non stop, katanya, maka dikhawatirkan fasilitas yang disiapkan ini disalahgunakan untuk kepentingan lain. Demikian juga untuk konten yang bisa diakses, akan dibatasi. 

“Penyediaan internet gratis ini bertujuan untuk hal-hal positif. Kami juga menghimbau masyarakat agar dapat memanfaatkan internet ini untuk hal-hal yang positif saja. Dengan kata lain, manfaatkan internet ini secara bijak,” tutup Firman Dwiputra. (*/kdon)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 82
    Diskominfo Unjuk Gigi Pada Ajang Pameran Pembangunan Sumbawa Barat 2023Taliwang, KOBARKSB.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), turut ambil bagian pada ajang Pameran Pembangunan Sumbawa Barat 2023.  Pameran Pembangunan ini merupakan agenda tahunan Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa Barat untuk menyampaikan dan memperlihatkan kepada masyarakat sejumlah kegiatan dan keberhasilan yang dilaksanakan…
  • 82
    Komisi Informasi NTB Puji Inovasi Diskominfo KSBTaliwang, KOBARKSB.com - Komisi Informasi Provinsi (KIP) Nusa Tenggara Barat (NTB) mengapresiasi kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).  Apresiasi itu diberikan KIP NTB di sela-sela Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023 yang berlangsung, Jumat, (10/11). “Berbagai program dan inovasi yang dilakukan Diskominfo Sumbawa Barat…
  • 74
    BKKBN RI Puji Langkah Pemda KSB dalam Hal Melawan StuntingTaliwang, KOBARKSB.com - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia (RI), Hasto Wardoyo, secara khusus mengapresiasi penurunan stunting di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Sebab berdasarkan laporan aplikasi e-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM), angka stunting di KSB tersisa 7,83 persen per Agustus tahun 2023.  Sedangkan berdasarkan…
  • 74
    Pemda KSB Terapkan Aplikasi Srikandi Untuk Tata Kelola Arsip DaerahTaliwang, KOBARKSB.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (Pemda KSB) dilaporkan telah mulai menerapkan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) dalam hal tata kelola arsip daerah.  Hal itu ditandai dengan diluncurkannya aplikasi Srikandi oleh Bupati Sumbawa Barat, H W Musyafirin, Rabu, (11/10), di aula Hanipati Resto, Taliwang. Kegiatan ini disaksikan oleh…
  • 74
    Wujudkan Desa Cerdas di Sumbawa Barat dengan Website Desa, PPID Desa, dan KIMTaliwang, KOBARKSB.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada hari Selasa, (20/2), mengadakan rapat koordinasi terkait rencana pembuatan Website Desa dengan Open Sistem Informasi Desa (OpenSID), Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa, dan Komunitas…
  • 72
    Gempa Bumi M 4,4 Guncang Sumbawa Barat, Getaran Dirasakan Nyata Dalam RumahTaliwang, KOBARKSB.com - Stasiun Geofisika, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Mataram, melaporkan, bahwa pada hari Selasa, 25 Oktober 2022, pukul 09.11.23 WITA, wilayah Sumbawa Barat diguncang gempa bumi berkekuatan M 4,4.  Menurut hasil analisis BMKG, episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 9.02° LS; 117.00° BT, atau tepatnya berlokasi…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Kejari KSB Ungkap Dugaan Korupsi Pembangunan Sekolah dan Mafia Tanah, Total Kerugian Negara Capai Rp 4,4 Miliar

21 Mei 2024 - 02:46

Kejari KSB Ungkap Dugaan Korupsi Pembangunan Sekolah dan Mafia Tanah, Total Kerugian Negara Capai Rp 4,4 Miliar - Titin Herawati Utara - Kajari KSB

Amman Mineral Kembali Buka 16 Lowongan Kerja di Tambang Emas Sumbawa Barat

20 Mei 2024 - 19:14

Amman Mineral Kembali Buka 16 Lowongan Kerja di Tambang Emas Sumbawa Barat - Tambang Batu Hijau PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

Selamat Memperingati Hari Reformasi – Iklan Diskoperindag KSB

20 Mei 2024 - 17:49

Hari Reformasi - Diskoperindag KSB

Selamat Hari Kebangkitan Nasional – Iklan Diskoperindag KSB

19 Mei 2024 - 22:22

Harkitnas - Diskoperindag KSB

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tiu Suntuk di Kabupaten Sumbawa Barat

2 Mei 2024 - 16:55

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tiu Suntuk di Kabupaten Sumbawa Barat - Bendungan Tiu Suntuk Sumbawa Barat

Selamat Hari Pendidikan Nasional – Iklan Diskoperindag KSB

2 Mei 2024 - 11:38

Hardiknas - Diskoperindag KSB
Trending di PARIWARA
Don`t copy text!