Sehelai Daun Tanaman Ini Berharga Rp 18 Juta

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Sehelai-Daun-Tanaman-Ini-Berharga-Rp-18-Juta-Tanaman-Hias-Jenis-Philodendron

Sehelai Daun Tanaman Ini Berharga Rp 18 Juta

Kediri, KOBARKSB.com – Tidak heran jika banyak pecinta tanaman yang beralih profesi menjadi penjual tanaman hias koleksinya, karena memang bisnis tanaman hias saat ini sedang tren dan sangat menjanjikan. Bahkan sehelai daun sebuah tanaman hias berjenis philodendron berharga Rp 18 juta di pasaran.

“Awalnya saya hanya gemar mengoleksi tanaman hias, kemudian saya iseng menjualnya ternyata banyak juga peminatnya, bahkan sampai pasar luar negeri,” tutur Adiwena Nugroho, seorang eksportir tanaman hias asal Kota Blitar, Jawa Timur, Sabtu, (5/3).

Koleksi Tanaman Hias Milik Adiwena Nugroho

Penjualan secara online, terang Adiwena, menjadi salah satu pilihan yang dilakukan pihaknya untuk menjual tanaman hiasnya ke luar negeri. 

“Ada beberapa tanaman hias koleksi saya yang mempunyai harga yang tinggi, yaitu, jenis philodendron. Untuk harga per daunnya, philodendron ini, bisa tembus Rp 18 juta,” ujar Adiwena. 

Sementara itu, Eka Noviasari Diahnuning, Pejabat Karantina Pertanian Wilayah Kerja Kantor Pos Kediri, mengungkapkan, bahwa pada bulan Februari, Adiwena telah mengajukan permohonan Phytosanitary Certificate untuk persyaratan ekspor tanaman hiasnya ke USA, Kuwait, dan Singapura. 

Pejabat Karantina Pertanian Blitar

Total tanaman hias yang diekspor Adiwena, beber Eka, adalah sebanyak 301 batang, senilai Rp 175 juta. Yang terdiri dari jenis tanaman hias Philodendron, Scindapsus, Anthurium, Hoya, dan lain-lain. 

“Pemeriksaan fisik dan pengawasan kami lakukan dengan perendaman menggunakan bahan kimia propineb 70% dan carbofuran. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa tanaman hias yang akan diekspor dalam kondisi aman, terbebas dari jamur dan serangga, sesuai dengan persyaratan negara tujuan,” demikian Eka Noviasari Diahnuning. (knda)

About Post Author

Don`t copy text!