Pariwisata Sumbawa Barat Masih Jalan di Tempat

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Pariwisata-Sumbawa-Barat-Masih-Jalan-di-Tempat-Pulau-Kenawa-Sumbawa-Barat

Pariwisata Sumbawa Barat Masih Jalan di Tempat

Kendati memiliki sejumlah potensi destinasi wisata yang potensial, akan tetapi sektor pariwisata di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dinilai masih seperti sedia kala.

Bagaimana tidak! Dari sekian banyak destinasi wisata yang telah berusaha dikembangkan Pemerintah setempat, belum ada satu pun yang benar-benar booming, dan bisa menggaet wisatawan domestik apalagi mancanegara secara konsisten dan berkelanjutan. Hampir semua event-event pariwisata di KSB selama ini hanya temporer dan seremonial belaka.

Pulau Kenawa

Jika ditaksir, telah ratusan miliar rupiah uang daerah dikucurkan selama KSB terbentuk, guna untuk menata dan mensyiarkan potensi-potensi wisata yang ada di Kabupaten yang berada di bagian barat Pulau Sumbawa ini. Tapi malang nian, hasilnya hingga saat ini masih nihil.

Pantai Kertasari

Jika ditelisik dari posisi geografis dan letak KSB menurut analisa industri pariwisata, KSB berada pada posisi yang benar-benar strategis. Di sebelah barat ada Pulau Lombok dan Pulau Bali. Di utara ada Pulau Moyo dan Gunung Tambora, di timur ada Pulau Komodo dan Labuan Bajo. Sedangkan di selatan, jarak antara Sumbawa Barat dengan Benua Australia tidak begitu jauh.

Danau Lebo Taliwang

Lantas apa yang salah dengan KSB? Menurut analisa beberapa pakar ekonomi, salah satunya, yakni, Dr Rizal Ramli, menyebutkan, bahwa faktor-faktor yang membuat sektor pariwisata suatu daerah tidak maju-maju adalah sebagai berikut;

1. Pembangunan lokasi wisata tidak fokus. Alhasil, tempat wisata Indonesia yang dikenal saat ini hanya Bali. Padahal sektor wisata merupakan sektor yang murah dan banyak menghasilkan lapangan pekerjaan.

Bendungan Bintang Bano

2. Kurangnya sinergi antar lembaga pemerintah dengan pihak swasta, terutama yang menggeluti sektor pariwisata. Sehingga pengembangan sektor pariwisata menjadi pincang.

3. Tidak adanya komitmen yang kuat dari Pemerintah setempat untuk memajukan sektor pariwisata di daerahnya, sehingga menjadi tidak fokus dan anggaran daerah habis percuma.

Desa Labuhan Lalar Taliwang

Nah, mumpung beberapa destinasi wisata tersohor di sekitar KSB akhir-akhirnya sedang booming dan disorot dunia. Maka semestinya Pemerintah setempat betul-betul memanfaat momentum emas ini, dan kembali menata kebijakan daerah untuk sektor pariwisata sebaik mungkin.

Kopi Luwak Rarak Ronges

Memang hasilnya tidak akan bisa dinikmati cepat dan dalam tempo singkat. Tapi ketika daerah ini tidak segera berbenah, maka kedepan bakal jadi penonton saja dan tidak mendapatkan hasil apa-apa dari apa yang diraih daerah sekitar. Wassalam. ** – KOBARKSB.com

About Post Author

Don`t copy text!