fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

173.329 Orang Guru Honorer Dinyatakan Lulus Seleksi ASN PPPK Tahun 2021 - Mendikbudristek - Nadiem Makarim

173.329 Orang Guru Honorer Dinyatakan Lulus Seleksi ASN PPPK Tahun 2021

Jakarta, KOBAR – Sebanyak 173.329 orang guru honorer dinyatakan lulus ujian seleksi tahap I guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021, dan selanjutnya akan segera diangkat menjadi guru PPPK.

Pengumuman ini disampaikan pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), bersama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jumat, (8/10). 

Mendikbudristek Didampingi Walikota Solo Meninjau Pelaksanaan Tes Seleksi Guru ASN PPPK di SMK Negeri 6 Surakarta, Jawa Tengah.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, dalam keterangan pers, menyampaikan, bahwa seleksi untuk guru honorer sebagai PPPK merupakan bukti komitmen kuat pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan guru honorer sekolah negeri. 

“Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), status kepegawaian ini akan memberikan perlindungan kepada guru honorer, dan lebih mengangkat derajat guru sebagai profesi mulia dan terhormat,” kata Nadiem. 

Selain itu, tambahnya, bahwa guru honorer yang berstatus ASN PPPK juga akan lebih berkesempatan untuk mengikuti program peningkatan kompetensi. 

Nadiem Makarim Tinjau Tes Seleksi Guru ASN PPPK di Solo, Jawa Tengah.

“Dengan status sebagai ASN PPPK, guru honorer yang diangkat juga akan memiliki kesempatan lebih banyak untuk mengikuti program peningkatan kompetensi, sehingga akan berimbas pada peningkatan kualitas pengajaran yang diterima oleh para pelajar di Indonesia,” jelasnya

Lebih lanjut, Nadiem mengungkapkan, bahwa pemerintah sebelumnya telah menyediakan 1.002.616 formasi untuk guru ASN PPPK. Dari kuota tersebut, pemerintah daerah kemudian mengajukan sekitar 506.252 formasi yang disepakati dengan pemerintah pusat. 

“Jumlah sekitar 500 ribu formasi guru ASN PPPK ini bisa dikatakan rekor tertinggi sejak beberapa tahun terakhir. Sehingga hal ini perlu kita syukuri dan rayakan bersama,” tutup Nadiem Makarim. (knda)

Don`t copy text!