fbpx
KPK Pecat 51 Orang Pegawai

KPK Pecat 51 Orang Pegawai

Jakarta, KOBAR – Setelah sekian lama terkatung-katung. Akhirnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan untuk memberhentikan 51 orang dari 75 orang pegawai KPK yang tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

“Yang 51 orang sudah tidak bisa lagi dilakukan pembinaan berdasarkan penilaian asesor, tentu tidak bisa lagi bergabung dengan KPK,” kata Alexander Marwata, Wakil Ketua KPK, dalam konferensi pers, di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN), Selasa, (25/5).

Hal itu diputuskan, terangnya, berdasarkan hasil rapat pihaknya bersama BKN, KemenPANRB, Kemenkumham, dan lembaga terkait lainnya. Termasuk pihak asesor dalam TWK pun ikut hadir.

Menurut dia, pihak asesor kemudian memaparkan hasil TWK atas 75 orang pegawai tersebut. Dan berdasarkan pemaparan, maka ada 24 dari 75 pegawai yang dinilai masih bisa dibina. Sedangkan sisanya, yakni, 51 orang pegawai dinilai sudah tidak bisa lagi dibina. Mereka bahkan disebut sudah tidak bisa lagi bergabung dengan KPK.

Kendati demikian, mereka yang diputuskan dipecat, lanjutnya, masih dapat bekerja hingga 1 November 2021. Selama bekerja, bebernya, pengawasan terhadap 51 orang pegawai KPK tersebut akan diperketat.

“Karena status pegawainya nanti sampai dengan 1 November. Tadi sudah disampaikan, termasuk yang tidak memenuhi syarat, mereka tetap menjadi pegawai KPK. Bagaimana mereka, apakah tetap ke kantor? Iya tentu, yang namanya pegawai harus ke kantor,” tegas Alexander Marwata.

Dan adapun terhadap 24 orang pegawai yang diputuskan masih bisa dibina, tambah Marwata, mereka tersebut akan mengikuti pendidikan dan pelatihan bela negara dan wawasan kebangsaan. 

“Sejumlah 24 orang tadi sebelum mengikuti pendidikan, diwajibkan menandatangani kesediaan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan. Dan pada saat selesai pendidikan dan pelatihan wawasan kebangsaan dan bela negara, kalau kemudian yang bersangkutan itu tidak lolos, maka yang bersangkutan juga tidak bisa diangkat jadi ASN,” demikian Wakil Ketua KPK. (knda)

Don`t copy text!