fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Internet Telkomsel dan Indihome Gangguan, PT Telkom Minta Maaf Ke Pengguna

Internet Telkomsel dan Indihome Gangguan, PT Telkom Minta Maaf Ke Pengguna

Jakarta, KOBAR – Layanan internet Telkomsel dan IndiHome dilaporkan bermasalah. Sebagian besar pengguna mengeluhkan layanan internet tersendat pada hari Minggu, (19/9). Bahkan di lini masa Twitter, kata kunci IndiHome dan Telkomsel menjadi trending topik.

Menanggapi tersebut, PT Telkom Indonesia melalui Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Telkom Indonesia, Ahmad Reza, membenarkan adanya gangguan koneksi terhadap layanan internet besutannya. Menurutnya, gangguan tersebut mulai terjadi sekitar pukul 17.33 WIB. 

Peristiwa itu terjadi, jelasnya, akibat adanya gangguan pada sistem komunikasi laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan untuk ruas Batam-Pontianak. Gangguan ini mengakibatkan penurunan kualitas terhadap layanan internet fixed broadband (IndiHome), maupun mobile broadband (Telkomsel) di beberapa wilayah di Indonesia.

“Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam. Sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini,” kata Ahmad, dalam keterangan pers, Minggu, (19/9).

Ahmad Reza – Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations PT Telkom Indonesia

Pihaknya, kata Ahmad, tengah mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan itu. Pada kesempatan ini, ia pun menyampaikan permohonan maaf kepada para pengguna yang terdampak.

“Kami tengah mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan itu. Kepada para pengguna yang terdampak, kami mohon maaf,” ujarnya.

Sementara itu, Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel, juga menyatakan hal yang sama. Menurut Denny, gangguan jaringan internet Telkomsel dialami pada sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Kini pihaknya, kata Denny, tengah melakukan pemulihan terhadap layanan internet yang terdampak.

“Saat ini kami bersama Telkom Group sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak,” kata Denny.

Gangguan yang terjadi, terangnya, hanya berdampak pada layanan internet Telkomsel. Sedangkan untuk layanan telepon dan SMS, masih bisa digunakan dengan normal.

“Kami akan segera menginformasikan proses pemulihan layanannya secara berkala,” tandas Vice President Corporate Communications Telkomsel. (knda)

Don`t copy text!