fbpx
Pandemi Covid-19 di Indonesia Diproyeksi Bakal Jadi Endemi Pada Tahun 2022

Pandemi Covid-19 di Indonesia Diproyeksi Bakal Jadi Endemi Pada Tahun 2022

Jakarta, KOBAR – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memproyeksi pandemi Covid-19 di Indonesia akan berubah menjadi endemi pada tahun 2022 mendatang. Endemi merupakan keadaan atau kemunculan suatu penyakit yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada di dalam suatu populasi atau area geografis tertentu.

Meskipun demikian, Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, menegaskan, bahwa pihaknya belum bisa memastikan hal itu akan terjadi di 2022. Ia menyebut, ada beberapa aspek yang dapat mengindikasikan pandemi dapat benar-benar bertransmisi menjadi endemi.

“Endemi dapat digambarkan sebagai sebuah situasi di mana kondisi kasus lebih terkendali. Namun, bukan berarti virusnya hilang sepenuhnya,” kata Wiku, dalam siaran pers, Senin, (23/8).

Ia menerangkan, bahwa apabila Indonesia ingin mencapai tahap Covid-19 menjadi endemi, maka harus ada akselerasi pada program vaksinasi yang dilakukan secara masif, agresif, dan menyasar hampir seluruh populasi.

Wiku Adisasmito Jubir Satgas Covid 19 Indonesia
Wiku Adisasmito

Endemi Covid-19, lanjut Wiku, juga dapat terwujud apabila penambahan kasus dan kematian Covid-19 mengalami penurunan kasus yang drastis. Hal tersebut menurutnya, dapat terjadi dengan upaya-upaya pembatasan mobilitas yang dilakukan pemerintah dan masyarakat saat ini.

“Dengan instrumen pengendalian PPKM saat ini, berupa pengaturan dan target spesifik baik 3M, 3T, dan vaksinasi di tiap kabupaten dan kota, diharapkan kondisi tersebut segera tercapai,” terangnya.

Ia juga mewanti-wanti bahwa pengendalian pandemi Covid-19 di Indonesia bukan hanya tugas pemerintah semata, melainkan diperlukan kolaborasi seluruh pihak. Hal tersebut, katanya, diperlukan agar kebijakan yang telah ditetapkan dapat diikuti dan membawa dampak efektif serta signifikan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan rencana Presiden Joko Widodo dalam mempersiapkan langkah-langkah untuk Indonesia menuju endemi Covid-19 yang akan dimulai tahun depan. Namun ia tak merinci gagasan dan strategi apa yang akan dilakukan pemerintah.

Sementara itu, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, juga meyakini bahwa pandemi virus corona di Indonesia akan berubah menjadi endemi. Kondisi tersebut, menurutnya, akan terwujud hanya dengan syarat penanganan yang optimal disertai dengan pemberian obat Covid-19 yang tepat kepada masyarakat. (knda)

Don`t copy text!