fbpx
Polri Ubah Warna Plat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Pribadi dari Latar Hitam Ke Latar Putih

Polri Ubah Warna Plat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Pribadi dari Latar Hitam Ke Latar Putih

Jakarta, KOBAR –  Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) secara resmi telah mengubah peraturan tentang warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) alias plat nomor kendaraan. Salah satunya adalah merubah latar hitam tulisan putih menjadi latar putih tulisan hitam, yang berlaku untuk kendaraan pribadi.

Hal tersebut diatur dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021, tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, yang telah diundangkan dan berlaku sejak 5 Mei 2021.

Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021, mengganti Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 5 Tahun 2012, tentang Registrasi Kendaraan dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Pada Pasal 45, Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021, ditetapkan 4 warna dasar plat nomor, yaitu:

  1. Putih tulisan hitam untuk kendaraan perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan badan internasional. 
  2. Kuning tulisan hitam untuk kendaraan umum. 
  3. Merah tulisan putih untuk kendaraan instansi pemerintah. 
  4. Hijau tulisan hitam untuk kendaraan di kawasan perdagangan bebas dengan fasilitas bebas bea masuk.
Plat Nomor Kendaraan Listrik
Plat Nomor Kendaraan Listrik

Selain itu, pada Pasal 45 Ayat 2, juga terdapat aturan tentang plat nomor khusus untuk kendaraan listrik, sesuai Keputusan Kakorlantas Polri Nomor 5 Tahun 2020, yang berlaku sejak 8 Januari 2020. Yang menyatakan, bahwa plat nomor kendaraan listrik berlis warna biru.

Kendati demikian, aturan tentang warna plat nomor kendaraan bermotor tersebut baru akan diterapkan tahun depan, menunggu proses dan kesiapan material.  

Kasubdit STNK, Korlantas Polri, Komisaris Besar Taslim Chairuddin, dalam keterangan persnya, Jum’at, (13/8), menyatakan, bahwa kendati sudah ada aturan penggantian warna plat nomor kendaraan pribadi dari hitam tulisan putih menjadi putih tulisan hitam. Namun hal tersebut belum bisa diterapkan tahun ini.

“Belum, masih dalam proses. Kita harus mengikuti aturan pengadaan barang dan jasa,” kata Taslim.

Opsinya, lanjutnya, penerapan perubahan warna plat nomor ini baru bisa diterapkan pada tahun depan, menunggu kesiapan material.

“Kemungkinan tahun depan baru bisa diterapkan. Materialnya belum siap,” tandas Kombes Taslim Chairuddin. (knda)

Don`t copy text!