fbpx
Sumbawa Miliki Kawasan Industri Manufaktur yang Mampu Serap Tenaga Kerja Lokal

Sumbawa Miliki Kawasan Industri Manufaktur yang Mampu Serap Tenaga Kerja Lokal

Sumbawa, KOBAR – Sesuai visi misi industrialisasi yang didengungkan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr H Zulkieflimansyah. Kini di Kabupaten Sumbawa telah terbangun sebuah kawasan industri manufaktur yang dimiliki oleh Sumber Mas Dirja Group. Industri manufaktur ini telah mampu menyerap tenaga kerja setempat dan bisa menekan beberapa harga barang, karena telah mampu diproduksi sendiri di Sumbawa.

Kawasan Industri Manufaktur Sumber Mas Dirja Group Sumbawa 1
Kawasan Industri Manufaktur Sumber Mas Dirja Group

Sumber Mas Dirja Group, sebelumnya hanyalah sebuah toko bahan bangunan, yang kemudian berkembang menjadi produsen beberapa bahan bangunan, diantaranya, pabrikasi tandon ber-SNI dan pabrikasi galvalum lembaran menjadi bergelombang.

“Di komplek industri Sumber Mas di Sumbawa ini, banyak sekali produk-produk yang sudah bisa kita pabrikasi sendiri,” ujar Gubernur, saat berkunjung ke kawasan industri Sumber Mas Dirja Group, Kamis, (5/8).

Kawasan Industri Manufaktur Sumber Mas Dirja Group Sumbawa 2
Produksi Tandon Ber-SNI

Industrialisasi itu aktor utamanya memang dunia usaha, lanjutnya. Lantas apa peran pemerintah? Tentu banyak sekali, kata Zulkieflimansyah. Yang kecil saja misalnya, kata Gubernur, adalah pemerintah mewajibkan semua instansinya untuk membeli dan menggunakan produk lokal dalam setiap aktivitasnya. Kelihatannya sederhana, tapi penting sekali dan pengaruhnya sangat besar, jelas Gubernur.

Kawasan Industri Manufaktur Sumber Mas Dirja Group Sumbawa 3
Pabrikasi Galvalum Lembaran Menjadi Bergelombang

“Pemerintah bisa membatasi penggunaan produk-produk luar, yang bisa disubstitusi oleh produk-produk lokal. Membantu mediasi permodalan dengan bank daerah dan banyak sekali. Kalau pemerintah nggak memberi perhatian dan memihak pengusaha lokal, apalagi yang baru memulai, maka kita nggak akan mungkin mengejar ketertinggalan,” tukasnya.

Kawasan Industri Manufaktur Sumber Mas Dirja Group Sumbawa 4
Tandon Ber-SNI Produksi Sumber Mas Dirja Group

Dengan terbangun pabrik industri di Sumbawa, tambahnya, berdampak juga kepada penyerapan tenaga kerja setempat. Dan tentunya hal tersebut, ujarnya, sangat membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran.

“Dengan tenaga kerja lokal yang terampil, kini daerah kita berani bukan hanya menjadi pedagang yang membeli barang-barang dari Surabaya. Tapi sudah mampu membuat sendiri banyak barang-barang canggih di daerah kita sendiri. Luar biasa! Industrialisasi itu nyata dan bisa kita lakukan,” tutup Gubernur NTB. (kdon)

Don`t copy text!