fbpx
Presiden Putin Berikan Bintang Jasa Negara Untuk Persahabatan Kepada Megawati Sukarnoputri

Presiden Putin Berikan Bintang Jasa Negara Untuk Persahabatan Kepada Megawati Sukarnoputri

Jakarta, KOBAR – Presiden Republik Indonesia (RI) Ke-5, Megawati Soekarnoputri, tak bisa menahan haru, ketika menjadi orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan Order of Friendship dari Pemerintah Federasi Rusia, lewat keputusan Presiden Vladimir Putin, yang diwakili oleh Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu, (2/6).

Prosesi Penyerahan Bintang Jasa Negara Untuk Persahabatan Rusia Indonesia dari Presiden Putin Kepada Megawati Sukarnoputri 1
Prosesi Penyerahan Bintang Jasa Negara Untuk Persahabatan Rusia – Indonesia dari Presiden Putin Kepada Megawati Sukarnoputri

Bagi Indonesia, Megawati adalah Warga Negara Indonesia pertama yang mendapatkan penghargaan ini. Di Asia Tenggara, pemimpin yang pernah menerima penghargaan sejenis adalah Lee Kuan Yew di Singapura, dan Mahathir Mohammad di Malaysia.

“Yang mulia sangat dikenal dan dihormati di Rusia sebagai teman sejati yang memfasilitasi pengembangan proyek bersama di bidang strategis. Kami sangat menghargai Yang Mulia dalam pengembangaan kerja sama kedua negara,” kata Lyudmila, Dubes Rusia untuk Indonesia.

Penyerahan Dekrit Presiden Putin Tentang Bintang Jasa Negara Untuk Persahabatan Rusia Indonesia Kepada Megawati Sukarnoputri 3
Penyerahan Dekrit Presiden Putin Tentang Bintang Jasa Negara Untuk Persahabatan Rusia – Indonesia Kepada Megawati Sukarnoputri, Oleh Dubes Rusia Untuk Indonesia.

Saat diberi kesempatan untuk merespons pemberian penghargaan ini, Megawati tak mampu menahan rasa harunya. Rupanya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan ini teringat dengan ayahnya.

“Sungguh sebuah hari yang membahagiakan saya mendapat kehormatan ini. Karena saya teringat kepada ayah saya. Saya sangat mengerti bahwa beliau (Soekarno, red) yang mulai merintis hubungan persahabatan antara Rusia dengan Indonesia,” ucap Megawati, dengan suara terbata-bata, menahan haru.

Penyerahan Cenderamata dari Presiden Putin Kepada Megawati Sukarnoputri 2
Penyerahan Cenderamata dari Presiden Putin Kepada Megawati Sukarnoputri, Oleh Dubes Rusia Untuk Indonesia.

Megawati Soekarnoputri juga menyampaikan, bahwa sangat terbuka peluang kerjasama antara Indonesia dengan Rusia terkait riset dan teknologi, khususnya di bidang luar angkasa. Sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ex officio, sesuai penugasan dari presiden, Megawati menekankan terbukanya hubungan kerjasama tersebut.

Di hadapan Lyudmila, Megawati menceritakan pengalamannya saat hubungan kedua negara dahulu diinisiasi oleh Presiden Soekarno dan Presiden Voroshilov. Sebagai anak muda saat itu, tutur Mega, mereka diminta untuk bertemu dengan beberapa astronot yang telah datang ke Indonesia. Diantaranya adalah Yuri Gagarin, yang berhasil membuat anak muda Indonesia banyak bermimpi menjadi astronot.

Megawati Sukarnoputri
Megawati Sukarnoputri

Megawati mengaku, bahwa dirinya telah berbicara dengan Presiden Joko Widodo dan meminta agar hubungan kerjasama antara Indonesia dan Rusia bisa ditingkatkan. Khususnya dalam hal teknologi dan ruang angkasa.

“Saya telah mengatakan kepada Presiden Jokowi, untuk suatu saat nanti kita bisa lebih mempererat seperti yang saya sampaikan tadi dalam hubungan riset dengan negara Rusia,” kata Megawati.

Menanggapi pernyataan Megawati, Dubes Lyudmila, mengatakan, bahwa dirinya akan menyampaikan semua hal tersebut secara langsung kepada Presiden Putin.

Bintang Jasa Negara Untuk Persahabatan Rusia Indonesia dari Presiden Putin Kepada Megawati Sukarnoputri
Bintang Jasa Negara Untuk Persahabatan Rusia – Indonesia dari Presiden Putin Kepada Megawati Sukarnoputri

“Rusia menganggap Indonesia sebagai mitra dan sahabat yang lama, dan ada hubungan erat antara negara kita yang dasarnya dibangun sejak Presiden Soekarno,” tandas Lyudmila.

Sementara itu, Ahmad Basarah, Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDI Perjuangan, menyampaikan, bahwa Presiden RI Ke-5, Megawati Soekarnoputri, menerima Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan (State Order of Friendship) dari Republik Federasi Rusia, karena jasa-jasanya yang besar dalam mempererat persahabatan, kerjasama, dan saling menghargai antar rakyat kedua negara, yakni, Indonesia dan Rusia.

Dekrit Presiden Putin Tentang Bintang Jasa Negara Untuk Persahabatan Rusia Indonesia Buat Megawati Sukarnoputri
Dekrit Presiden Putin Tentang Bintang Jasa Negara Untuk Persahabatan Rusia – Indonesia Buat Megawati Sukarnoputri

Bintang Jasa Negara ini disematkan kepada Presiden Ke-5 Republik Indonesia melalui Dekrit Presiden yang ditandatangani oleh Presiden Putin pada tanggal 10 Februari 2020, dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan Indonesia – Rusia.

“Sejatinya penghargaan ini akan diserahkan langsung oleh Presiden Vladimir Putin dalam upacara kenegaraan di istana kepresidenan Rusia pada November 2020 lalu. Namun berhubung adanya pandemi Covid-19, maka Bintang Jasa baru bisa diserahkan oleh Duta Besar Lyudmila Vorobyova, di Jakarta, pada hari Selasa ini, di kediaman Bu Mega di Teuku Umar,” tutur Ahmad Basarah.

Berikut Bunyi Dekrit Presiden Rusia, Vladimir Putin:

DEKRIT 

PRESIDEN FEDERASI RUSIA

Tentang Penghargaan Negara Federasi Rusia

Atas jasa-jasa besar dalam mempererat persahabatan, kerjasama dan saling pengertian antara rakyat Rusia dan Indonesia diberikan penghargaan

BINTANG PERSAHABATAN

SUKARNOPUTRI

Diah Permata Megawati Setiawati

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,

Warga Negara Republik Indonesia

Presiden Federasi Rusia

Vladimir Putin

Moskow, Kremlin

10 Februari 2020

No. 102

***

Don`t copy text!