fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

SIM Nasional Presisi - Aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR)

Mulai Hari Ini, Perpanjang SIM Bisa Dilakukan di Mana Saja

Jakarta, KOBAR – Untuk perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM), kini bisa dilakukan di mana saja. Korlantas Polri telah melakukan peningkatan dan kemudahan dalam pelayanan publik, dengan meluncurkan Aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR).

SIM Nasional Presisi dilaunching Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, secara daring dan laring di Satpas Daan Mogot, Jakarta, Selasa, (13/4). Dalam amanatnya, Kapolri mengatakan, bahwa dengan adanya aplikasi SINAR, maka pihaknya akan mampu mengurangi kerumunan saat mengurus perpanjangan SIM. Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, tentunya hal ini akan sangat membantu.

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo

“Dengan dilaunchingnya aplikasi ini, akan memudahkan masyarakat dalam perpanjangan SIM A dan C, yang bisa dilakukan di rumah maupun di mana saja. Jadi orang yang melakukan perpanjangan langsung bisa lebih sedikit, karena ada opsi lain dengan perpanjangan online. Tentunya ini baik untuk semuanya,” kata Kapolri.

Dengan sistem yang ada saat ini, lanjutnya, maka sudah tidak ada lagi komunikasi langsung dengan masyarakat. Seperti Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), ujarnya, diadakan bukannya untuk menakut-nakuti, tetapi untuk mendisiplinkan. Karena yang paling utama adalah keselamatan berlalu lintas, dimana pengguna jalan semua harus selamat.

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo

“Harapan saya tentunya ini akan menambah semangat rekan-rekan tampil lebih baik. Hari ini terbukti rekan-rekan mampu mewujudkan hal tersebut. Dengan memanfaatkan teknologi informasi ini kita bisa memanfaatkan big data, dan ini bisa dilakukan di masa depan dengan tergabung di Dukcapil, ETLE, dan SIM,” tegas Listyo Sigit Prabowo.

Pada kesempatan ini, ia mengapresiasi kinerja seluruh jajaran Korlantas, dari tingkat Mabes hingga di Daerah, yang selalu bekerja keras untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya berharap kedepan pelayanan Polri semakin lebih baik, dengan menerapkan digitalisasi atau IT dalam setiap pelayanan. Terima kasih untuk seluruh jajaran Korlantas, dan saya bangga,” pungkas Kapolri. (knda)

Don`t copy text!