fbpx
Cagar Alam Pedauh, Kawasan Suaka Alam di Sumbawa Barat

Cagar Alam Pedauh, Kawasan Suaka Alam di Sumbawa Barat

Sekongkang, KOBAR – Jika selama ini banyak orang yang tahu bahwa Sumbawa Barat kaya akan panorama alamnya. Tapi sedikit orang yang tahu bahwa di Sumbawa Barat ada sebuah cagar alam yang dilindungi negara. 

Adalah Pedauh, hutan dataran rendah, dengan berbagai jenis flora yang mewakili berbagai tipe vegetasi, yang telah lama ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sebagai sebuah cagar alam. Dan kawasan tersebut, kini diawasi dan dilindungi oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Nusa Tenggara Barat (NTB).

Cagar Alam Pedauh 6
Peneliti LIPI di Cagar Alam Pedauh

Pedauh terletak di bagian selatan Sumbawa Barat. Secara administratif, Pedauh terletak di Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Bagi peneliti yang tertarik pada hutan, keanekaragaman hayati, dan ekosistemnya sangat cocok untuk dijadikan tempat penelitian.

Ada 4 aliran sungai di kawasan konservasi ini, yaitu:

1. Brang Batu (Sungai Nanga Memenga)

Panjang 90 meter dan lebar 8 meter. Di sisi kiri dan kanan sungai terlihat pohon Kalimuta. Burung air yang biasa ditemukan di sungai ini, diantaranya; Belibis (Cairina scutulata), bangau, Keliki, dan lain-lain.

Cagar Alam Pedauh 8
Peneliti LIPI di Cagar Alam Pedauh

2. Sungai Nanga Potong

Sungai terpendek yang mengalir di kawasan ini dengan panjang 250 meter dan lebar 3 meter.

3. Brang Senyir

Sungai Brang Senyir, memiliki debit terbesar. Lebar sungai 10.1 meter dan panjang 1 km. Di mulut sungai, ada sekelompok hutan bakau dan habitat pasir putih untuk Wili-wili (Esacus magnirostis), elang laut, dan angsa laut.

Cagar Alam Pedauh 7
Pondok Kerja Cagar Alam Pedauh

4. Sungai Pedauh

Sungai intermiten, seperti sungai lainnya, dengan panjang 1,5 km dan lebar 7,6 meter.

Pedauh juga memiliki bentang pantai yang panjang. Dengan ombak yang indah dan bergelombang, yang sangat diminati untuk para pecinta selancar.

Cagar Alam Pedauh 1
Pantai di Cagar Alam Pedauh

Untuk diketahui, cagar alam adalah kawasan suaka alam yang ditetapkan Pemerintah, karena keadaan alamnya yang mempunyai kekhasan dan keunikan jenis tumbuhan, serta keanekaragaman tumbuhan. Di dalamnya juga terdapat gejala alam dan ekosistemnya yang memerlukan upaya perlindungan dan pelestarian. Ditetapkan sebagai cagar alam, agar keberadaan dan perkembangannya dapat berlangsung secara alami. (kdon)

Don`t copy text!