Sandiaga Uno dan Tri Rismaharini Jadi Menteri Jokowi

Sandiaga Uno dan Tri Rismaharini Jadi Menteri Jokowi

Jakarta, KOBAR – Selasa, (22/12), sore hari, bertempat di beranda belakang, Istana Merdeka, Jakarta, Presiden Joko Widodo, menggelar konferensi pers, untuk memperkenalkan 6 orang menteri baru, Kabinet Indonesia Maju. 

“Pada sore hari yang berbahagia ini, saya bersama-sama dengan Bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju. Untuk itu, saya akan memperkenalkan satu per satu,” kata Presiden Jokowi.

Yang pertama, ucapnya, adalah Tri Rismaharini. Ia adalah Wali Kota Surabaya, dan saat ini, Tri Rismaharini diberikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial. 

“Yang kedua, saya ingin mengenalkan, tapi saya kira kita semuanya sudah tahu, yaitu Bapak Sandiaga Salahuddin Uno. Beliau adalah dulu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua HIPMI, dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” lanjut Presiden.

Kemudian yang ketiga, lanjutnya, adalah Budi Gunadi Sadikin. Ia sebelumnya adalah Direktur Utama Bank Mandiri, kemudian menjadi Direktur Utama PT Asahan Alumunium, dan terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN, dan sekarang ia diberikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan. 

Yang keempat adalah Yaqut Cholil Qoumas. Ia adalah tokoh muslim, Ketua PP GP Ansor, dan diberikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama. 

Yang kelima, Sakti Wahyu Trenggono. Sekarang ini,  Sakti memegang jabatan Wakil Menteri Pertahanan. Dan ia diberikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. 

“Yang terakhir, Bapak Muhammad Lutfi. Beliau sebelumnya pernah di Kepala BKPM, kemudian Menteri Perdagangan, kemudian Duta Besar Indonesia untuk Jepang, dan terakhir Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Dan sekarang akan kita berikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan. Saya rasa itu perkenalan, yang saya berikan sore hari ini, dan pelantikan akan dilakukan besok pagi,” tutup Presiden Joko Widodo. (knda)

Don`t copy text!