fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Kopi Punik

Kopi Punik Jadi Produk UKM NTB Terbaik Tahun 2020

Mataram, KOBAR – Kopi Punik, yang diproduksi oleh Wiwin Suryani, Warga Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa, terpilih sebagai Wirausaha Muda NTB Terbaik Tahun 2020. Sebelumnya, Kopi Punik juga menjadi juara 2 dan 3, pada Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) Tahun 2020.

Lomba Wirausaha Muda NTB 2020 yang diselenggarakan oleh International Council for Small Business (ICSB) NTB, telah berhasil menentukan para juara dari sejumlah kategori. Kegiatan lomba ini, sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah daerah dalam menstimulus lahirnya wirausaha baru di NTB.

Malam Penganugerahan Wirausaha Muda NTB tersebut berlangsung di Hotel Lombok Astoria, Rabu, (25/11) malam. Pada acara tersebut, Wiwin Suryani, pelaku UKM Kopi Punik Sumbawa, berhasil terpilih menjadi juara 1 Wirausaha Muda NTB 2020, kategori Umum. Sementara, juara 1 kategori pelajar, diraih oleh Ilham Ariadi, pelaku UKM Kedai Terserah.

Juara I Wirausaha Muda NTB Tahun 2020
Juara I Wirausaha Muda NTB Tahun 2020

Gubernur NTB, Dr H. Zulkieflimansyah, yang hadir pada acara itu, mengatakan, bahwa menentukan juara tidak hanya melihat kualitas yang dimilikinya, namun juga harus dapat menginspirasi banyak anak muda di NTB. Sehingga banyak anak muda yang turut tergerak untuk menjadi pengusaha, dan berkontribusi dalam pembangunan negeri. 

“Saat ini, menjadi pegawai negeri bukan lagi sebagai pilihan profesi untuk mengabdi pada negeri. Tapi menjadi entrepreneur, menjadi pengusaha, juga sebagai bagian dari cara kita berkontribusi dalam pembangunan,” kata Gubernur, dalam sambutannya.

Kedepan, lanjut Gubernur, masyarakat akan memaknai pemerintah sebagai fasilitator dan dunia usaha yang menjadi mesin ekonomi. Dunia usaha yang menyediakan kesempatan kerja, sehingga mampu mengatasi kemiskinan.

Duta Wirausaha Muda NTB
Duta Wirausaha Muda NTB

“Kami dari pemerintah daerah akan memberi support, menyediakan segala macam bantuan yang memungkinkan agar teman-teman ini betul-betul hidup dalam lingkungan yang nyaman dan menyenangkan,” tutur Gubernur.

Kepada pemenang Wirausaha Muda NTB 2020, Gubernur berharap, agar kedepan dapat menjadi pengusaha sukses di dunia bisnis Indonesia dan dunia. 

Sementara itu, Koordinator ICSB Wilayah NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati, mengemukakan, bahwa dirinya bangga atas antusias para kaum muda dalam bersaing dan berkontribusi pada kegiatan tersebut. 

Kopi Punik
Kopi Punik

“Saya ingin menyampaikan rasa bangga saya, yang luar biasa kepada para finalis, yang hari ini hadir bersama kami. Anda adalah orang-orang luar biasa, harapan kita semua di NTB. Anda lah motor penggerak untuk majunya UKM NTB, demi menjadi daerah yang dibanggakan di Indonesia,” ucap istri Gubernur.

Niken mengapresiasi seluruh finalis yang telah memiliki ide luar biasa, dan telah berhasil mewujudkannya dalam sebuah bisnis. Kepada para pemenang satu, dua dan tiga, baik kategori umum maupun kategori pelajar, ia berharap, agar mampu menjadi motivator bagi para wirausaha muda lainnya.

Pada kesempatan itu, Indah Purwanti Ningsih, Ketua Panitia Lomba, menuturkan, bahwa pemenang Wirausaha Muda NTB 2020, atau penyandang duta wirausaha muda NTB ini, telah melalui proses yang cukup ketat. Mereka lolos seleksi dari 440 pendaftar, dan telah disaring melalui berbagai tahap. (klar)

Don`t copy text!