20/10/2020

PORTAL BERITA KOBAR

www.kobarksb.com

Penyu Hijau

Seekor Penyu Hijau yang Terdampar di Pantai Kertasari Berhasil Diselamatkan

Taliwang, KOBAR – Berkat laporan masyarakat, seekor Penyu Hijau (Chelonia mydas) yang terdampar dan terkulai lemah di Pantai Kertasari, Desa Kertasari, Kecamatan Taliwang, berhasil diselamatkan dan dirawat oleh Tim BKSDA NTB.

Peristiwa itu terjadi pada hari Kamis, (9/10). Berawal dari ditemukannya seekor penyu oleh seorang warga setempat yang tengah terkulai lemas di atas pasir di pinggir pantai Kertasari. Warga tersebut dengan sigap segera melapor kepada Tim BKSDA NTB. 

Penyu Hijau

Menindaklanjuti laporan masyarakat, Tim BKSDA NTB bekerjasama dengan personil dari Dinas Kelautan KSB, Dokter Hewan, Bhabinkamtibmas Desa Kertasari, Staf Desa, dan Balai Karantina Perikanan, segera menuju lokasi untuk melakukan evakuasi satwa langka itu.

Berkat kesigapan seluruh unsur terkait, penyu yang terdampar itu yang kemudian diidentifikasi sebagai jenis Penyu Hijau (Chelonia mydas), akhirnya berhasil diselamatkan. Mengingat kondisi penyu dalam kondisi lemah saat ditemukan, maka hewan langka tersebut tidak langsung dilepaskan.

Satwa itu dievakuasi ke keramba apung milik warga Desa Kertasari untuk direhabilitasi. Hingga saat ini, hewan itu masih dalam pengawasan dan perawatan oleh Tim BKSDA NTB, dibantu dokter hewan Setempat.

Penyu Hijau

Untuk diketahui, penyu hijau merupakan satwa dilindungi, sesuai Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990, tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Meski demikian, masih banyak warga masyarakat yang berburu telur penyu untuk dijual dan dikonsumsi. Tidak hanya itu, penyu juga diburu untuk diambil karapasnya untuk dijadikan aksesoris seperti gelang, liontin, hingga diawetkan untuk menjadi pajangan pun masih marak hingga saat ini. Hal ini sangat berpengaruh pada populasi penyu di alam dan harus dihentikan sebelum seluruh spesies penyu yang tersebar di perairan Indonesia punah. (kdon)

KOMENTAR

Komentar

Don`t copy text!