fbpx
31/05/2020

PORTAL BERITA KOBAR

kobarksb.com

Hemat Listrik, PJU KTC Akan Dirombak

Taliwang, KOBAR – Upaya pemerintah dalam merealisasikan penghematan listrik di lingkup pemerintahan Kabupaten Sumbawa Barat nampaknya bukan wacana semata. Ini dibuktikan dengan telah mulai dilakukannya rencana penggantian lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan jenis lampu hemat daya listrik di kawasan Kemutar Telu Center (KTC).

Plt Sekretaris Badan (Sekban) Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumbawa Barat, Muhammad Fauzi, menyatakan, saat ini pemerintah tengah fokus melakukan penghematan energi listrik dengan akan mengganti seluruh mata Lampu PJU di KTC dengan lampu jenis Light Emitting Diode (LED).

“Karena lampu PJU yang ada saat ini menyala terus menerus setiap malamnya, jadi harus ada langkah khusus untuk mengurangi beban penggunaan listriknya,” kata Fauzi.

Baca Juga :  Waspada Penipuan Mengatasnamakan Abdul Hamid!

Tahun ini, proyek penggantian seluruh lampu dengan jenis LED akan menjadi atensi khusus pemerintah daerah. Sebab, selama ini penggunaan listrik daerah cenderung meningkat seiring bertambahnya lampu jalan di dalam kota.

“Jadi, program ini nantinya akan masuk dalam skala prioritas pemerintah. Kita mendukungnya, apalagi program ini tujuannya untuk penghematan energi listrik,” bebernya.

Alasan lain pemerintah mengganti jenis lampu dengan jenis LED, dikarenakan daya serap listrik lampu yang lebih sedikit namun cahaya lampu tetap optimal. Selain pemasangannya di areal KTC, pemasangannya juga akan dilakukan di jalanan utama kota Taliwang.

Baca Juga :  Pendapatan KSB Capai Rp. 4 T

“Penggunaan daya listrik lebih murah dengan lampu ini. Dengan penggunaannya pemerintah juga bisa menghemat,” terangnya.

Tidak hanya itu, Fauzi juga menjelaskan instalasi dari perangkat lampu ini lebih sederhana jika dibandingkan lampu sebelumnya. Sehingga nantinya teknisi lebih mudah dalam melakukan perbaikan, ditambah lagi standar garansi lampu hingga 2 tahun.

“Keunggulannya cukup banyak, pemeliharaan lebih mudah, ramah lingkungan dan digaransi oleh produsen,” tandas Fauzi. (krom)

loading...
Bagikan di:

KOMENTAR

Komentar