fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

PAW 2 Pimpinan DPRD KSB Sedang Diproses

“Sukardi Sudah di Gubernur, Irawansyah Tunggu MA”

Taliwang, KOBAR – Permohonan Pergantian Antar Waktu (PAW), Fud Syaifuddin ST dan Iwan Panjidinata SE, ternyata sudah diterima Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Bahkan pihak DPRD sedang memproses pergantian dua anggotanya tersebut, yang notabene keduanya adalah pimpinan parlemen yang berkantor di gedung Bertong.  Keduanya telah ditetapkan secara resmi oleh KPU, akan maju dalam bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dihelat pada 9 Desember 2015 mendatang.

“Permohonan PAW keduanya sudah kita terima. Dan sekarang sedang kita proses,” kata ketua DPRD KSB, Muhammad Nasir ST, kepada media ini, Jum’at (18/9), kemarin.

Menindaklanjuti permohonan tersebut, Nasir, sapaan akrab politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, pihaknya sudah bersurat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk meminta nama-nama calon pengganti keduanya. “Kami juga sudah melayangkan surat kepada KPU,” lanjutnya.

Dibeberkan Natsir, sesuai prosedur yang menjadi pijakan, setelah menerima nama-nama calon pengganti, selanjutnya DPRD akan menyampaikan kepada bupati dilanjutkan ke gubernur untuk memperoleh penetapan SK pemberhentian kedua anggota. “Prosesnya akan kita percepat mengingat teman-teman yang mundur ini dibatasi juga waktunya oleh aturan Pilkada,” papar Nasir.

Selain Fud dan Iwan Panji, terdapat dua permohonan PAW lainnya yang masuk ke DPRD KSB. Yakni permohonan PAW Sukardi anggota dari PDI Perjuangan dan PAW terhadap Irawansyah anggota dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Terhadap kedua permohonan tersebut Nasir menjelaskan, untuk Sukardi saat ini prosesnya sudah berada di tangan gubernur. “Kan yang Sukardi ini sudah duluan dan informasi yang kita dapatkan dari provinsi, minggu ini SK pemberhentiannya akan ditandatangi gubernur,” katanya.

Sementara untuk PAW Irawansyah, permohonannya hingga kini belum berproses. Nasir beralasan masih ada dokumen persyaratan yang belum dipenuhi oleh Hanura yakni salinan amar putusan dari Mahkamah Agung (MA). “Kan sedang proses hukum Irawansyah. Nah seandainya sudah ada putusan MA-nya kita akan proses juga secepatnya,” jelasnya.

Dari seluruh proses yang sedang berjalan, Nasir dapat memastikan pelaksanaan PAW anggota yang pertama dilaksanakan yakni pergantian terhadap Sukardi anggota dari PDIP. “Sepertinya kita tidak bisa samakan jadwal pergantiannya. Karena kalau benar minggu ini sudah diteken gubernur SK-nya. Maka begitu kita terima misalnya hari ini, maka dua hari ke depan setelah Banmus menjadwalkan, kita bisa langsungkan acara pergantiannya,” pungkasnya. (kimt)

Don`t copy text!