fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Tekad Kyai Zul Agar Smelter Newmont Dibangun di KSB Belum Kendor

Taliwang, KOBAR – Bupati Sumbawa Barat, Dr KH Zulkifli Muhadli SH MM, masih sangat berharap, pembangunan pabrik yang akan melakukan pemurnian (smelter) terhadap hasil produksi PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), dibangun di Bumi Pariri Lema Bariri.

Disampaikan Kyai Zul, sapaan akrabnya, banyak hal yang akan dinikmati oleh masyarakat KSB jika smelter dibangun di KSB. “Saya masih sangat berharap ada kebijakan pemerintah pusat untuk mengintervensi dan menetapkan bahwa smelter newmont harus dibangun di KSB sebagai kabupaten penghasil,” tandasnya, beberapa waktu lalu.

Orang nomor satu di Bumi Pariri Lema Bariri itu juga menyampaikan bahwa ambisi agar smelter dibangun di KSB, tersirat sejak dirinya dilantik sebagai Bupati untuk periode 2005-2010 lalu atau sebelum pemerintah pusat mengeluarkan Undang-undang (UU) nomor 4 tahun 2009 tentang Mineral dan Batu Bara (Minerba) yang mengharuskan perusahaan pertambangan melakukan pemurnian dalam negeri.

“Kunjungan pertama saya setelah dilantik sebagai Bupati periode pertama adalah Gresik, karena ingin melihat dari dekat perusahaan yang melakukan pemurnian hasil tambang Newmont. Hasil kunjungan itu membuat saya berambisi untuk memperjuangkan pembangunan smelter di KSB,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Kyai Zul, mengakui belum gagal untuk memperjuangkan pembangunan smelter di KSB, karena memang masih ada kesempatan, sehingga meminta dukungan semua pihak untuk secara bersama-sama. “Saya berharap dukungan dari seluruh pihak, agar ikhtiar Smelter Newmont dibangun di KSB bisa terwujud, karena akan memberikan dampak positif bagi masyarakat secara umum dan pemerintah KSB itu sendiri,” terangnya.

Jika pabrik smelter bisa terealisasi dibangun di KSB, maka serapan tenaga kerja akan lebih banyak, ditambah lagi adanya gerakan ekonomi masyarakat. Namun, ikhtiar Bupati KSB itu kecil kemungkinan terwujud, karena informasi yang berkembang, bahwa Newmont telah membangun komunikasi dengan PT Freeport Indonesia, dimana Newmont akan menumpang melakukan pemurnian di pabrik yang akan dibangun Freeport.

Hal itu juga diperkuat dengan belum adanya rancangan Newmont untuk membangun sendiri pabrik pemurnian, bahkan sudah bisa dipastikan tidak bisa membangun apa yang menjadi kewajiban yang tertuang dalam UU Minerba. Apakah Smelter Newmont akan terbangun di KSB, kita tunggu saja. (kimt)

Don`t copy text!