fbpx
06/06/2020

PORTAL BERITA KOBAR

kobarksb.com

DPT Pilkada KSB Bertambah

Taliwang, KOBAR – Untuk memenuhi kebutuhan data pemilih pada Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang akan dilaksanakan Desember mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) masih terus memperbaharui Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4).

Kepala Disdukcapil KSB, Drs Alwi, mengatakan, sebelumnya untuk kebutuhan Pilkada, pihaknya telah menyerahkan data DP4 ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui dinas provinsi hasil pendataan semester kedua tahun 2014 lalu. “Jadi untuk up date terakhir yang kita kirim hasil per 31 Desember atau hasil semester dua tahun 2014,” jelasnya kepada media ini.

Dari data tersebut, secara berkala Disdukcapil terus memperbaruinya. Alwi menjelaskan, sesuai ketentuan data final DP4 akan ditetapkan dua kali setiap tahunnya berdasarkan perhitungan semester. Karenanya setelah menyerahkan data DP4 semester kedua 2014, pembaruan final terkait perkiraan jumlah pemilih untuk Pilkada akan dilakukan sekitar bulan Juli. “Pasti ada perubahan dari data semester dua tahun 2014. Sebab sementara ini, data pemilih baru yang kita masukkan terus bertambah,” timpalnya.

Baca Juga :  Tambahan Waktu Kontrak Proyek Rumah Adat Bakal Sia-sia

Alwi mengaku, untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada KSB Desember mendatang masih akan terus mengalami penambahan. Hal ini dikarenakan, hingga sekitar pertengahan semester kedua 2015 penduduk KSB yang sudah memiliki hak pilih akan bertambah. Terutama dari mereka pemilih pemula yang pada saat itu umurnya sudah mencapai 17 tahun. “Untuk jumlah tambahannya kami belum bisa perkirakan. Karena selain ada pemilih  baru, tidak menutup kemungkinan juga yang sudah terdata di DP4 ada warga yang misalnya meninggal atau pindah tempat ke luar daerah,” urainya.

Baca Juga :  Petani Sekongkang Jadikan Jalan Raya Tempat Jemur Gabah

Berdasarkan data semester kedua tahun 2014 itu, jumlah DP4 di KSB sebanyak 91.113 orang. Alwi mengatakan, jumlah itu mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan jumlah DPT pemilihan presiden (Pilpres) 2014 yang jumlahnya sekitar 82 ribu pemilih. “Tapi sekali lagi itu masih data potensial pemilih. Artinya bisa jadi berbeda sedikit atau banyak dari DPT Pilkada yang ditetapkan oleh KPU nantinya,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu Alwi juga berharap kepada masyarakat untuk segera melakukan perekaman data diri untuk penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP), karena termasuk bagian dari data DP4 nantinya, apalagi Didukcapil KSB sudah bisa menerbitkan KTP Elektronik (KTP-El). “Kami terus mengajak masyarakat untuk aktif mendatangi Didukcapil agar bisa melakukan perekaman data diri,” tuturnya.

Baca Juga :  HET Elpiji 3 Kg di KSB Rp 16.500

Alwi tidak membantah jika sejak Didukcapil melayani penerbitan KTP-El, jumlah pemohon meningkat drastis, sehingga perekaman data dengan sendirinya terus bertambah. (kimt)

loading...
Bagikan di:

KOMENTAR

Komentar