fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Bandara Sekongkang Siap Dilandasi

Taliwang, KOBAR – Dalam minggu ini, pembangunan bandara Sekongkang bisa dikatakan rampung, karena saat ini sedang dalam proses pekerjaan finishing yang bobot persentasenya minim, bukan pekerjaan tekhnis yang membutuhkan waktu panjang.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Manawari S.Sos yang dikonfirmasi media ini dalam ruang kerjanya senin 22/12 kemarin mengatakan, hasil peninjauan terakhir yang dilakukan, pekerjaan finishing yang sedang dikerjakan saat ini adalah, pengecetan menara komunikasi dan pekerjaan non fisik yaitu persiapan administrasi, termasuk masalah ketersediaan jaringan listrik.

Bicara soal runway, Manawari mengaku bahwa pekerjaannya sudah final dan sudah dinyatakan rampung, sementara yang dilihat saat ini tinggal pemerataan pinggir runway. “Runway sudah bisa dipergunakan, karena yang sedang dikerjakan sekarang ada penataan pinggir, termasuk perbaikan pagar untuk mengantisipasi masuknya hewan,” bebernya.

Masih keterangan Manawari, jika tidak ada kendala yang terjadi selama proses finishing, terutama masalah cuaca, maka dalam minggu ini sudah bisa dinyatakan selesai seluruh tahapan pekerjaan pembangunan bandara sekongkang. “Nanti kita cek bersama kondisi bandara,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu Manawari juga mengakui bahwa persiapan terakhir pembangunan bandara telah ditinjau oleh tim verifikasi dari Kementerian Perhubungan (Kemnhub), karena pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah melayangkan surat permohonan ijin operasional bandara sekongkang. “Kami sendiri bersyukur bahwa kondisi pembangunan bisa dipacu pekerjaannya, sehingga saat tim verifikasi meninjau lapangan, kondisi pekerjaan sudah menunggu finishing dan tim verifikasi mengakui keseriusan pemerintah KSB,” terangnya.

Menyinggung soal rencana pengoperasiannya, Manawari tidak bisa memberikan komentar, karena penetapan waktu dioperasikan bandara tergantung cepat keluarnya ijin yang saat ini sedang dalam proses, sementara masalah maskapai yang akan memanfaatkan keberadaan bandara juga sedang menunggu keputusan dari pihak maskapai, karena secara resmi dirinya telah melayangkan surat ke Susi Air, Trans Nusa dan Travira, namun sampai saat ini belum ada tanggapannya.

Manawari juga mengaku jika dirinya saat ini lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan bandara terlebih dahulu, karena sangat yakin bahwa ijin akan segera dimiliki. “Biar saya fokus menyelesaikan pekerjaan fisik bandara terlebih dahulu, meskipun proses untuk mendapatkan ijin juga tetap dilakukan,” terangnya. (kimt)

Don`t copy text!