fbpx
Akibat Cuaca Tak Menentu, Nelayan Labuhan Lalar Tidak Aktif Melaut

Akibat Cuaca Tak Menentu, Nelayan Labuhan Lalar Tidak Aktif Melaut

Taliwang, KOBAR – Cuaca saat ini tidak menentu bahkan tidak bisa diprediksi, terkadang ada gelombang besar dan tinggi ditambah angin kencang, sehingga para nelayan yang berada di Desa Labuhan Lalar lebih banyak tidak melaut, terutama untuk daerah tangkapan yang terlalu jauh.

Masalah yang dialami nelayan itu sudah terjadi setiap tahunnya, namun belum ada program yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), terutama dalam bentuk bantuan saat nelayan itu tidak bisa melaut, ”Setiap tahun tetap ada aktifitas nelayan terganggu, tetapi belum ada program yang dilaksanakan pemerintah sebagai bentuk bantuan kepada para nelayan yang tidak bisa melaut karena cuaca tersebut,” tandas Kades Labuhan Lalar, Ansyarullah melalui selularnya rabu 12/11 kemarin.

Diingatkan Ansyarullah, dalam beberapa bulan terakhir ini cuaca ekstrem lebih sering terjadi, sehingga para nelayan lebih banyak tidak melaut, jadi untuk saat ini banyak nelayan yang menurun pendapatannya. Masalah itu sendiri sudah kembali disampaikan kepada pemerintah dengan harapan bisa segera memberikan bantuan atau program yang bisa dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan nelayan selama cuaca tidak bersahabat.

Untuk diketahui pemerintah, nelayan Labuhan Lalar saat ini sangat membutuhkan bantuan, karena memang mereka lebih sering tidak melaut, sementara kebutuhan hidup harus tetap mereka penuhi. “Saya cukup sering mencari celah untuk mendapatkan program dari pemerintah yang akan diberikan kepada nelayan,” timpalnya.

Masih keterangan Ansyarullah, saat ini dirinya sedang menyusun sebuah rancangan program yang akan disampaikan kepada pemerintah provinsi dengan nilai yang cukup besar. Upaya yang dilakukan itu untuk bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan, apalagi saat ini daerah tangkapan sudah semakin jauh, sementara alat tangkap yang dimiliki masih terkesan tradisonal atau alat tangkap minimalis, sehingga nelayan sulit untuk mendapatkan hasil tangkapan lebih banyak.

Ansyarullah tidak membantah jika bantuan pemerintah tetap ada, hanya saja tidak sesuai dengan apa yang menjadi harapan, sehingga tidak signifikan dalam meningkatkan hasil tangkapan. “Program yang diberikan tidak bisa membantu meningkatkan hasil tangkapan untuk nelayan Labuhan Lalar, sehingga berharap kepada pemerintah Kabupaten untuk membangun komunikasi terlebih dahulu dengan pemerintah desa sebelum menetapkan program, karena pemerintah desa sangat paham dengan apa program yang diharapkan masyarakat nelayan,” terangnya. (kimt)

Don`t copy text!