fbpx
KCD Pertanian Diminta Jadi UPTD

KCD Pertanian Diminta Jadi UPTD

Taliwang, KOBAR – Kantor Cabang Dinas (KCD) pertanian yang berada di seluruh kecamatan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan bisa bekerja maksimal dan membantu petani, jika statusnya ditingkatkan menjadi Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTD).

“Untuk memperkuat peran dan tanggung jawab institusi pertanian di KSB, maka pemerintah harus memiliki keberanian untuk meningkatkan status KCD menjadi UPTD,” tegas sekretaris komisi II DPRD KSB, Agusfian SE kepada media ini senin 3/11 kemarin.

Agung sapaan akrabnya juga mengaku, komisi II menjadikan hal itu sebagai perhatian khusus dalam rencana pemerintah untuk melakukan perubahan atas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan diajukan dalam waktu dekat. “Saya bersama teman-teman dalam lingkungan komisi II sudah mulai membahas tentang pentingnya peningkatan status KCD menjadi UPTD,” lanjut politisi muda asal kecamatan Brang Rea itu.

Diingatkan Agung, selama ini KCD tidak bisa berperan maksimal untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena semua masalah yang muncul di lapangan harus berkoordinasi lebih lanjut dengan Dinas Kehutanan Perkebunan dan Pertanian (Dishutbuntan) selaku atasan, sehingga prosesnya tidak bisa cepat, karena pihak dinas sendiri harus meminta keputusan pimpinan daerah terlebih dahulu. “Kita harus potong arus birokrasi itu, sehingga persoalan pertanian tidak terlalu berlarut,” tegas Agung.

Masih keterangan Agung, pada prinsipnya kita semua yang berada di gedung politik ini sangat serius untuk memperhatikan para petani. Berbagai upaya akan dilakukan selama itu menguntungkan bagi para petani, jadi peningkatan status KCD menjadi UPTD adalah terobosan yang menarik dan harus menjadi perhatian pemerintah eksekutif. “Kami tidak ingin masalah pertanian hanya sebagai komuditi politik,” timpal Agung.

Persoalan keinginan untuk meningkatkan status KCD menjadi UPTD juga telah disampaikan kepada Bupati KSB saat rapat kerja yang digelar senin kemarin, bahkan ada keinginan komisi II untuk mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif. “Bisa saja persoalan peningkatan status itu menjadi raperda inisiatif komisi II,” tambah politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Abidin Nasar SP.

Abidin mengaku sangat mendukung peningkatan status itu, karena memang usulan itu sangat representatif dalam meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat petani. “Saya sangat mendukung peningkatan status itu dan siap untuk bersama-sama memperjuangkan peningkatkan status seluruh KCD menjadi UPTD,” janjinya. (kimt)

Don`t copy text!