fbpx
Ditemukan Barang “Antik” di Penambangan Lebo

Ditemukan Barang “Antik” di Penambangan Lebo

Taliwang, KOBAR – Penambang tradisional batu emas yang beroperasi di lokasi bukit Lebo dikagetkan dengan penemuan barang jenis sendok dan garpu terbuat dari besi kuningan yang diduga sebagai barang antik atau mungkin barang peninggalan jaman dahulu kala.

Di lokasi penemuan itu sendiri terdapat gundukan tanah yang menyerupai dapur tradisional, termasuk ada periuk (Pamongka bahasa lokal) yang cukup tebal dengan kondisi tertanam dalam lubang galian sedalam 10 meter. “Saya hentikan penggalian lantaran melihat benda-benda tersebut,” tandas Irak, penambang yang menemukan barang tersebut.

Irak juga mengaku jika di lokasi itu sendiri terdapat tempurung kura-kura ukuran besar yang sudah keropos, dimana kalau dipegang pasti hancur. “Saya sendiri bingung melihat kontruksi tanah di lokasi penambangan itu, sehingga memutuskan untuk menghentikan dulu aktifitas tambang, karena ingin mencari informasi terlebih dahulu, termasuk hendak mendapat keterangan terkait barang antik yang dimiliki sekarang,” ucap Irak.

Kepada media ini Irak mengaku bingung tempat berkonsultasi, terutama untuk mendapatkan keterangan terkait barang yang saat ini disimpannya. Jika memang itu barang antik atau harta karun, ada kemungkinan masih ada lagi barang serupa di dalam lubang yang akan ditambangnya itu. “Saya ingin memastikan dulu, apakah aktifitas penggalian yang akan dilakukan itu tidak menjadi masalah nantinya,” ungkapnya.

Prediksinya, barang itu adalah hasil kejahatan pada jaman dulu, dimana pelaku sengaja menanam setelah melakukan aktifitas jahat, namun sampai saat ini tidak diambil kembali, atau mungkin di lokasi itu pernah ada pemukiman atau rumah. Hal itu bisa diperkuat dengan konstruksi yang menyerupai dapur tradisional tersebut. “Saya bingung dengan barang ini, mau saya gunakan untuk apa atau mau diserahkan kemana,” tutur Irak. (kimt)

Don`t copy text!