fbpx
Cipta Karya Telah Melaksanakan 86 Paket Proyek

Cipta Karya Telah Melaksanakan 86 Paket Proyek

Taliwang, KOBAR – Paket proyek yang menjadi tanggung jawab bidang Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) sebanyak 86 paket, dengan rincian, 8 paket dilakukan dengan cara di tender, terus ada 68 paket dengan sistem Penunjukan Langsung (PL) dan 10 menjadi program kerja kelompok swadaya masyarakat.

Kabid Cipta Karya, Arif Rahman SE yang dikonfirmasi media ini mengaku, seluruh paket pekerjaan itu sedang dalam proses pekerjaan dan sudah ada yang mencapai 100 persen, namun kalau dikalkulasi secara umum, progres fisik saat ini sudah mencapai 41 persen, sementara realisasi atau progres keuangan baru pada angka 27 persen.

Dirinci oleh Arif sapaan akrabnya, belanja modal pembangunan drainase sebesar Rp. 1,160 miliar terbagi pada 14 paket, dimana untuk 4 paket sudah ditetapkan 100 persen pekerjaannya, lalu untuk 10 paket saat ini progres sudah pada titik 48 persen, namun realisasi keuangan masih 0 persen. Sedangkan paket belanja modal pengadaan jaringan listrik yaang pagunya Rp. 199 juta sudah 100 persen pekerjaan dan realisasi keuangannya.

Belanja modal pengadaan konstruksi jaringan air bersih sebesar Rp. 3,178 miliar yang terbagi pada 19 paket juga mengalami kemajuan, dimana ada 8 paket yang sudah rampung pekerjaannya, sementara 11 paket masih dalam proses dengan progres fisik sudah di angka 58 persen, sedangkan progres keuangan masih pada kisaran 20 persen.

Masih keterangan Arif, untuk belanja modal pengadaan konstruksi jalan lingkungan terdapat 38 paket dengan dana yang tersedia sebesar Rp. 1,962 miliar, dimana untuk 14 paket telah selesai dikerjakan, sedangkan 24 paket sedang dalam proses pekerjaan fisik mencapai 44 persen, sementara realisasi keuangan baru pada 12 persen.

Belanja modal pengadaan konstruksi Sistem Pengelolaan Air Limbah (SPAL) dengan jumlah 6 paket bernilai Rp. 1,895 miliar belum ada yang dinyatakan rampung, tetapi pekerjaan sudah pada rata-rata 40 persen termasuk realisasi keuangannya. Belanja barang yang akan diserahkan kepada masyarakat dalam bentuk MCK sebesar Rp. 1,542 miliar dengan pembagian 4 paket juga sudah pada rata-rata 40 persen.

Sementara untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang nilai kontraknya Rp. 29,191 miliar lebih progres saat ini sudah masuk 10 persen dengan realisasi keuangan sebesar 20 persen. “Seluruh item pekerjaan sedang dipacu penyelesaiannya, agar di akhir tahun 2014 bisa rampung 100 persen,” timpal Arif. (kimt)

Don`t copy text!