Ketua DPRD KSB Ajak Masyarakat Jaga Iklim Investasi di Sumbawa Barat

Menu

Mode Gelap

PARLEMENTARIA · 8 Agu 2023

Ketua DPRD KSB Ajak Masyarakat Jaga Iklim Investasi di Sumbawa Barat


Ketua DPRD KSB Ajak Masyarakat Jaga Iklim Investasi di Sumbawa Barat Perbesar

Taliwang, KOBARKSB.com – Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, saat ini menjadi poros baru pengembangan ekonomi NTB dan Nasional. Hilirisasi industri pertambangan membawa berkah tersendiri dengan dibangunnya pabrik pemurnian tembaga dan emas di Sumbawa Barat.

“Kita sekarang jadi kawasan industri baru. Ini tentu akan membawa dampak ekonomi cukup besar. Jadi, untuk mendukung ini perlu dukungan semua pihak untuk menjaga kondusifitas daerah,” kata Kaharuddin Umar, Ketua DPRD KSB, Selasa, (8/8).

DPRD sebagai lembaga wakil rakyat, lanjutnya, memandang perlu menyampaikan pesan ini kepada masyarakat. Ini sekaligus respon lembaga guna menyikapi berbagai dinamika yang saat ini terjadi di Sumbawa Barat.

“Pembangunan yang saat ini sedang berjalan harus dikawal. Dinamika yang muncul tidak boleh menghambat masuknya investasi,” ujarnya.

Berbagai dinamika dan isu-isu baru terus berkembang di tengah masyarakat Sumbawa Barat. Diantaranya; isu tentang pertambangan hingga Hak Asasi Manusia (HAM) termasuk tenaga kerja dan berbagai isu hangat lain, menurutnya, merupakan sebuah hal yang wajar, tinggal bagaimana para pihak menyikapi.

“Isu ini memang cukup santer terdengar. Termasuk saling lapor melapor. Kalaupun ada perbedaan ayo kita duduk bersama. Kita carikan solusinya seperti apa,” tukas Kahar.

Kehadiran Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung konstruksi pabrik smelter milik Amman Mineral Industri di Maluk, Sumbawa Barat, diakuinya, merupakan bentuk perhatian serius pemerintah pusat agar industrialisasi tambang benar-benar terwujud.

“Kemajuan pembangunan daerah ke depan, sangat dipengaruhi SDM masyarakatnya, sumber daya alam dan tak kalah penting kondusifitas daerah itu sendiri,” tandasnya.

Untuk menciptakan kondusifitas daerah, diakuinya, membutuhkan dukungan semua pihak. Bukan hanya pemerintah, legislatif maupun aparat keamanan, komunitas LSM, akademisi termasuk media sama-sama memiliki peran yang sama.

“Kita akan memasuki tahun politik, tentu isu dan dinamika yang terjadi tidak perlu kita tunggu menjadi besar. Kalau bisa diselesaikan secara arif dan bijaksana itu lebih baik. Mari kita hentikan sikap-sikap mencari kesalahan lebih baik kita petakan solusi,” timpalnya.

Jalan pikiran yang tengah digaungkan Bupati Sumbawa Barat, H W Musyafirin saat ini, tuturnya, harus bisa dimaknai dengan baik oleh masyarakat.

“Jalan pikiran ini harus mampu dimaknai dalam arti luas. Dengan begitu, Sumbawa Barat kedepannya akan menjadi daerah maju demikian juga dengan masyarakatnya,” pintanya.

Ia juga meminta perdebatan di ruang publik di kurangi. Menurutnya, perdebatan seperti itu tidak akan menghasilkan solusi terbaik.

“Bukan yang bersengketa saja yang sibuk, komponen lainnya ikut terseret. Itu kenapa kita sebaiknya saling menahan diri,” tutup Ketua DPRD KSB. (*/kdon)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 95
    DPRD KSB Sahkan 8 Raperda Menjadi Perda Setelah Dilakukan Uji PublikTaliwang, KOBARKSB.com - Sebanyak 8 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Kedelapan Perda tersebut disahkan pada sidang paripurna yang berlangsung di Aula Sidang gedung DPRD KSB, Selasa, (17/10). Sidang Paripurna ini dihadiri oleh Bupati Sumbawa Barat, H…
  • 94
    DPRD KSB Sahkan KUA-PPAS APBD 2024 Rp 1,33 TriliunTaliwang, KOBARKSB.com - DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menggelar rapat paripurna untuk menyepakati Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (KUA-PPAS) APBD sebesar Rp 1,33 triliun bersama pemerintah setempat, Jumat, (3/11).  Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Kaharuddin Umar. Kesepakatan ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman…
  • 93
    Kepala Daerah dan Sekda Sibuk Tebar Pesona Hadapi 2024, Birokrasi di KSB Terkotak-kotak dan Berkinerja BurukTaliwang, KOBARKSB.com - Pasca diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bahwa tahapan Pemilu 2024 dimulai 14 Juni 2022. Seketika tensi politik di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mulai memanas. Genderang perang antar bakal kandidat Kepala Daerah dan bakal calon legislatif pun telah ditabuh. Sayangnya, kondisi ini berakibat pada terkotak-kotaknya birokrasi setempat dan…
  • 93
    Pemda KSB Dukung Program Pengembangan UMKM PT AMNT di Sumbawa BaratMaluk, KOBARKSB.com - Bupati Sumbawa Barat, H W Musyafirin, mengapresiasi sejumlah program pengembangan UMKM yang saat ini sedang dilakukan oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Bupati mengakui, bahwa sektor UMKM termasuk sektor yang cukup potensial di KSB. Tinggal bagaimana dikelola dengan baik serta dikembangkan…
  • 92
    “Sumbawa Barat Smart” Jadi Slogan Harla KSB Ke-19Taliwang, KOBARKSB.com - Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sebentar lagi akan menginjak usia 19 tahun. Untuk memperingati hari lahir (Harla) KSB ke-19, Pemerintah KSB mengusung slogan "Sumbawa Barat Smart". Adapun maksud dan tujuan dari logo Sumbawa Barat Smart, menurut rilis Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, yang diterima media ini, Senin, (31/10), adalah…
  • 92
    Bupati Lepas Kontingen Wartawan Sumbawa Barat Berlaga di Porwanas XIII Malang RayaTaliwang, KOBARKSB.com - Sebanyak 14 orang Atlet dan 5 orang Official, Kontingen PWI KSB, dilepas Bupati Sumbawa Barat, H W Musyafirin, untuk berlaga di Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII, Malang Raya, Jawa Timur.  “Semoga para wartawan ini senantiasa sehat, sehingga bisa bertanding dengan baik dan mengharumkan nama Daerah dan…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 76 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Masa Jabatan 53 Kepala Desa di Sumbawa Barat Diperpanjang 8 Tahun

20 Juni 2024 - 11:27

Masa Jabatan 53 Kepala Desa di Sumbawa Barat Diperpanjang 8 Tahun - H W Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H – KOBARKSB.com

16 Juni 2024 - 22:44

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan

10 Juni 2024 - 13:48

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan - Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat

8 Juni 2024 - 17:48

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat - Tambang Emas PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat

5 Juni 2024 - 01:58

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat - Supersucks - Pantai Sumbawa Barat - Amman Mineral

Pelaku Curanmor di Taliwang Dibekuk, 3 Sepeda Motor Hasil Curian Disita

3 Juni 2024 - 19:01

Pelaku Curanmor di Taliwang Dibekuk, 3 Sepeda Motor Hasil Curian Disita - Polres Sumbawa Barat
Trending di HUKUM
Don`t copy text!