Menteri PUPR Titip Proyek Bendungan Tiu Suntuk Ke Pemerintah Sumbawa Barat

Menu

Mode Gelap

SUMBAWA BARAT · 15 Okt 2022

Menteri PUPR Titip Proyek Bendungan Tiu Suntuk Ke Pemerintah Sumbawa Barat


Menteri PUPR Titip Proyek Bendungan Tiu Suntuk Ke Pemerintah Sumbawa Barat Perbesar

Brang Ene, KOBARKSB.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, berpesan kepada jajarannya agar tetap merawat lingkungan dalam setiap proyek pembangunan infrastruktur, seperti tidak merusak lingkungan sekitarnya. 

Hal itu disampaikan Basuki, saat meninjau proyek pembangunan Bendungan Tiu Suntuk, di Desa Mujahidin, Kecamatan Brang Ene, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat, (14/10). 

“Pembangunannya jangan sampai merusak lingkungan di sekitarnya. Untuk itu, metode konstruksi yang sudah tersusun harus diikuti dengan benar,” tegas Basuki. 

Didampingi Dirjen KSDA, Gubernur NTB, dan Wakil Bupati Sumbawa Barat, Basuki meminta pembangunan Bendungan Tiu Suntuk dengan biaya Rp 1,2 triliun itu dilakukan secara tertib dan tepat, dengan tetap menjaga kondisi lingkungan sekitar. 

“Dalam mengerjakan semua tahapan pembangunan infrastruktur, aspek keselamatan harus juga menjadi perhatian utama semua pihak. Ini agar tujuan selamat untuk semua dapat tercapai,” tandas Basuki. 

Basuki juga berpesan agar pengawasan pekerjaan bendungan lebih ditingkatkan dan dapat diselesaikan tepat waktu dengan kualitas yang terbaik.

“Saya minta kepada Pak Wabup KSB agar tetap mengontrol dan mengawasi pembangunan Bendungan ini. Pembangunan bendungan yang awalnya  direncanakan selesai Desember 2023, saya harapkan bisa dipercepat dan diselesaikan pada Agustus 2023,” ujar Menteri PUPR. 

Sementara itu, menanggapi pernyataan Menteri PUPR, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, mengatakan, bahwa Bendungan Tiu Suntuk merupakan salah satu dari 6 bendungan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun di NTB. Banyak potensi yang dimiliki terkait pembangunan Bendungan itu.

“Selain untuk menyuplai air baku wilayah pertanian, juga memiliki potensi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH),” terang Fud.

Disamping manfaat tersebut, dengan adanya Bendungan Tiu Suntuk, tambah Fud, wilayah setempat memiliki kesempatan untuk mengembangkan pariwisata yang berdampak pada peningkatan perekonomian. 

“Ini tentu akan terus kita awasi, karena sudah menjadi tugas dan kewajiban kami untuk memastikan setiap pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah berjalan dengan baik,” tandas Fud Syaifuddin. 

Untuk diketahui, Proyek pembangunan Bendungan Tiu Suntuk dilakukan sejak bulan Februari 2020 dan ditargetkan rampung pada bulan Desember 2023. Pembangunan dilakukan dalam 2 paket, dimana Paket I dilaksanakan oleh PT Nindya Karya dan PT Bahagia Bangun Nusa (KSO), sedangkan Paket II oleh PT PP-Marfri (KSO).

Bendungan Tiu Suntuk ini merupakan bendungan yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN), dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan air di wilayah Republik Indonesia. (ktas)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com


Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 76 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Amman Mineral Buka Lowongan Kerja Tenaga Mekanik, Elektrik, dan Safety di Tambang Emas Sumbawa Barat

21 April 2024 - 12:55

Amman Mineral Buka Lowongan Kerja Tenaga Mekanik, Elektrik, dan Safety di Tambang Emas Sumbawa Barat - Tambang Batu Hijau PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

Amman Mineral Buka 13 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat

11 April 2024 - 09:13

Amman Mineral Buka 13 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat - Tambang Batu Hijau PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

PUPR KSB Dituding Tak Peduli Keselamatan Pengendara, Material Bekas Proyek Dibiarkan Berserakan

3 April 2024 - 20:31

PUPR KSB Dituding Tak Peduli Keselamatan Pengendara, Material Bekas Proyek Dibiarkan Berserakan - Proyek Jalan Hotmix PUPR Kabupaten Sumbawa Barat

AMMAN dan Pemda KSB Bersinergi Wujudkan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan di Sumbawa Barat

2 April 2024 - 19:58

AMMAN dan Pemda KSB Bersinergi Wujudkan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan di Sumbawa Barat - Program Pengelolaan Sampah Sekolah PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Kualitas Tak Kalah Saing, Universitas Cordova Berperan Aktif Meningkatkan SDM KSB

2 April 2024 - 03:56

Kualitas Tak Kalah Saing, Universitas Cordova Berperan Aktif Meningkatkan SDM KSB - Zulkifli Muhadli - Rektor Universitas Cordova

Proyek Jaringan Irigasi Jereweh – Tiu Suntuk Dimulai, KSB Siap Menuju Lumbung Pangan dan Kawasan Industri

27 Maret 2024 - 01:06

Proyek Jaringan Irigasi Jereweh - Tiu Suntuk Dimulai, KSB Siap Menuju Lumbung Pangan dan Kawasan Industri - Proyek Bendungan Tiu Suntuk Sumbawa Barat
Trending di EDITOR'S PICK
Don`t copy text!