40 Orang Warga KSB Telah Digigit Anjing Gila, TNI dan Polri Kompak Terjun Perang Lawan Rabies

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

40-Orang-Warga-KSB-Telah-Digigit-Anjing-Gila-TNI-dan-Polri-Kompak-Terjun-Perang-Lawan-Rabies-Operasi-Perang-Lawan-Rabies-Kodim-1628-Sumbawa-Barat

40 Orang Warga KSB Telah Digigit Anjing Gila, TNI dan Polri Kompak Terjun Perang Lawan Rabies

Taliwang, KOBARKSB.com – Sampai dengan hari ini, Selasa, (5/4), menurut data yang dilansir Satgas Rabies Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), 40 orang warga KSB dinyatakan telah digigit anjing gila, yang tersebar di 7 Kecamatan. Hanya tinggal 1 Kecamatan saja yang diketahui belum terdapat korban, yakni, Kecamatan Sekongkang.

Vaksinasi Rabies Terhadap Anjing Milik Masyarakat Secara Door To Door

Guna membantu mengatasi keresahan warga masyarakat akibat maraknya kasus anjing gila di KSB, Kapolres Sumbawa Barat bersama Dandim 1628/Sumbawa Barat, menyatakan siap mendukung langkah Pemerintah setempat dalam membasmi wabah rabies.

“Saya telah menginstruksikan kepada Danramil jajaran serta Babinsa di seluruh jajaran Kodim 1628/SB untuk turun bersama sama stakeholder terkait untuk pendampingan, baik dalam pencegahan maupun penanganan, agar mengurangi keresahan masyarakat,” tutur Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja, Dandim 1628/Sumbawa Barat, kepada awak media, Selasa, (5/4).

Rapat Koordinasi Satgas Rabies Kabupaten Sumbawa Barat

Para Babinsa dan Babinkamtibmas, serta Tim Puswan dan Kader Siaga Rabies (KASIRA), jelas Dandim, terus melaksanakan pendampingan dan pencegahan melalui kegiatan vaksinasi rabies secara door to door pada tiap-tiap warga yang memelihara anjing, kucing, dan kera. Dibantu oleh para Kadus, Ketua RT, dan Agen PDPGR setempat.

“Kami harap agar masyarakat tidak perlu khawatir atau panik berlebihan. Namun kami minta untuk terus meningkatkan kewaspadaan. Secara umum, semua stakeholder telah siap memberikan penanganan terhadap kondisi ini, mengingat KASIRA telah lama terbentuk dan bekerja di semua Kecamatan didukung Babinsa, Babinkamtibmas, Puskeswan Dinas Pertanian, Pol PP, dan Agen PDPGR,” tegas Dandim.

Posko Penanganan dan Pengendalian KLB Rabies Kabupaten Sumbawa Barat

Kendati demikian, tambah Dandim, dikarenakan keterbatasan personil di lapangan, maka diharapkan kepada masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam mencegah serta memberikan informasi kepada Satgas Rabies setempat.

“Diharapkan masyarakat dapat ikut aktif dalam mencegah serta memberikan informasi kepada petugas melalui nomor kontak Call Center Rabies Dinas Pertanian 081238433405, atau langsung melaporkan ke petugas terdekat,” demikian Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja. (kdon)

About Post Author

Don`t copy text!