Amalan Utama Ibadah di Bulan Ramadhan

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Amalan-Utama-Ibadah-di-Bulan-Ramadhan-Baca-Al-Quran

Amalan Utama Ibadah di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan sebentar lagi. Bagi umat muslim, bulan Ramadhan merupakan bulan suci dan penuh berkah dan menjadi kesempatan besar untuk meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan untuk mendapatkan pahala yang banyak. Ada banyak tips yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan, mulai dari melakukan amalan wajib dan sunnah, meniatkan diri mencari ridho Allah SWT, berbuat baik terhadap sesama, menyabarkan diri, tidak tergoda melakukan kejahatan atau amal buruk dan lainnya.

Setiap umat muslim harus memiliki motivasi untuk meningkatkan ibadah, karena tujuan hidup sebenarnya adalah beribadah kepada Allah SWT. Niatkan diri untuk mendapatkan pahala dan ridho dari-Nya. Jadikan ibadah sebagai kebutuhan pokok yang harus atau wajib dipenuhi, dan tidak bisa ditinggalkan. Dengan mendapatkan ridho dari-Nya, maka permohonan atau doa-doa Insya Allah dikabulkan dengan cepat dan diberikan yang terbaik.

7 Amalan Utama di Bulan Ramadhan

Pada dasarnya, amalan yang dikerjakan pada bulan ramadhan sangatlah banyak dan sayang jika dilewatkan, apalagi di bulan Ramadhan Anda akan mendapatkan pahala berkali-kali lipat. Berikut ini merupakan 7 amalan ibadah di bulan Ramadhan yang mampu meningkatkan ibadah Anda, yaitu:

1. Sahur

Coba sebutkan amalan-amalan di bulan ramadhan. Ada banyak sekali yang bisa dilakukan. Ternyata sahur juga termasuk ke dalam amalan yang baik. Sahur sangat dianjurkan sebelum memulai puasa hal ini sesuai dengan hadis nabi, Rasulullah SAW bersabda: “Makan sahurlah, karena sahur itu barakah”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, rasulullah juga bersabda sahur itu barokah dan jangan meninggalkan sahur meski hanya minum seteguk air, karena sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat Allah bershalawat kepada orang yang sahur (HR. Ahmad).

2. Menyegerakan Buka Puasa

Saat bulan Ramadhan, ketika adzan maghrib berkumandang, umat muslim dianjurkan untuk menyegerakan berbuka puasa. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW, riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi “umatku masih dalam kebaikan selama mendahulukan berbuka”. Oleh sebab itu, menyegerakan buka puasa juga termasuk ke dalam amalan yang baik di bulan Ramadhan.

3. Perbanyak i’tikaf

Jika ingin meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan, sebaiknya perbanyaklah itikaf atau menghabiskan waktu luang selama ibadah puasa dengan berdiam diri di masjid. Selama berdiam diri di masjid atau itikaf tentunya Anda juga dianjurkan untuk melakukan amalan seperti memperbanyak doa, ibadah, memperteguh keimanan, dzikir dan istighfar. Itikaf memberikan banyak manfaat yaitu mendapatkan pahala dari Allah SWT dan menjauhkan Anda dari perbuatan yang tidak baik.

4. Tarawih

Salah satu amalan yang sayang dilewatkan selama bulan Ramadhan, yaitu, shalat tarawih. Pasalnya tarawih juga merupakan ibadah yang hanya ada di bulan Ramadhan. Ibadah salat tarawih berjamaah di Masjid menjadi Sunnah untuk menambah pahala. Oleh sebab itu, jangan bermalas-malasan untuk menunaikan shalat tarawih di masjid setelah berbuka puasa.

5. Membaca Al-Quran

Untuk meningkatkan ibadah selama bulan Ramadhan, perbanyaklah membaca Al-Qur’an atau tadarus. Menjalankan ibadah di bulan Ramadhan mendapatkan pahala dua kali lipat lebih besar. Membaca Al-Qur’an selama bulan Ramadhan bukan hanya mendapatkan pahala dan berkah dari Allah SWT, tetapi juga meningkatkan ketaqwaan serta iman untuk menjalani ibadah lebih baik.

6. Perbanyak Sedekah

Ketika bulan Ramadhan, perbanyaklah sedekah untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT dan pahala berlipat ganda. Jangan merasa rugi ketika bersedekah, yakinlah Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan menggantinya lebih baik. Oleh sebab itu, jangan lewatkan bersedekah di bulan Ramadhan serta menunaikan zakat.

7. Menghidupkan Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang mulia dan dinanti-nanti oleh umat muslim. Pada malam ini, umat muslim akan berlomba-lomba mendekatkan diri kepada Allah dan melakukan amalan yang banyak. Jatuhnya malam Lailatul Qadar tidak ada yang tahu, tetapi malam itu berada di 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.

Pada malam Lailatul Qadar, pahala yang diberikan Allah SWT akan lebih besar dan berlipat-lipat ganda dibandingkan malam lainnya di bulan Ramadhan. Oleh sebab itu, mari hidupkan malam Lailatul Qadar dengan ibadah kepada Allah seperti i’tikaf, banyak berdoa dan berdzikir, shalat malam, membaca Al-Qur’an, dan lainnya.

Agar ibadahnya lebih rajin dan semangat, penuhilah kebutuhan ibadah seperti membeli perlengkapan sholat (mukena, sajadah, baju Koko, dan lainnya), Al-Qur’an, tasbih dzikir, audio untuk membaca Al-Qur’an dan bersholawat dan lainnya. Anda juga bisa membeli perlengkapan ibadah yang menarik untuk anak agar mereka semangat beribadah. Kini Anda bisa membeli perlengkapan ibadah menggunakan Promo Ramadhan dari Blibli.

Blibli merupakan marketplace Indonesia yang sudah ada sejak tahun 2011 untuk memenuhi kebutuhan belanja masyarakat Indonesia. Blibli memiliki 100.000 mitra terpercaya yang menjual berbagai produk mulai dari produk elektronik, fashion dan kecantikan, peralatan rumah tangga hingga kebutuhan beribadah.

Tak perlu khawatir belanja di Blibli yang sangat Blibli akan memberikan produk berkualitas, original dan awet. Anda juga akan mendapatkan pelayanan memuaskan dan menikmati promo dan diskon.

Itulah 7 amalan atau ibadah untuk meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan. Sebagai umat muslim kita harus bersyukur masih diberi umur panjang dan bertemu dengan bulan suci Ramadhan. Ini menjadi kesempatan bagi kita untuk beramal saleh lebih baik dan meningkatkan iman dan taqwa. Namun perlu diingat, ibadah harus didasari dengan niat yang tulus dan ikhlas hanya mencari ridho Allah SWT. Penuhi kebutuhan Anda selama bulan Ramadan dana setiap harinya dengan berbelanja di Blibli! ***

About Post Author

Don`t copy text!