fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Presiden Filipina Rodrigo Duterte

Presiden Filipina Ancam Penjara Orang yang Menolak Disuntik Vaksin Covid-19

Manila, KOBAR – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, mengancam akan memenjarakan mereka yang menolak disuntik vaksin Covid-19, saat negara itu meningkatkan inokulasi untuk mencegah penyebaran varian delta yang sangat menular.

“Jika Anda adalah orang yang tidak divaksinasi dan pembawa potensial. Maka untuk melindungi orang-orang, saya harus mengasingkan Anda di penjara,” kata Duterte, dalam sebuah konferensi pers, Senin, (21/6). 

Ia pun meminta kepada para Kepala Desa agar mencatat dan menyimpan daftar orang-orang yang menolak untuk divaksinasi.

Jika diterapkan, ancaman Duterte bisa menjadi salah satu langkah terberat untuk meningkatkan inokulasi di negara di mana mayoritas penduduknya tidak yakin atau menolak vaksin. 

Duterte berencana untuk melanjutkan kelas fisik dan tetap mengenakan pelindung wajah. Ia mengatakan, bahwa dirinya tidak akan mematuhi pengadilan tentang bagaimana mengelola pandemi, setelah pengacara di provinsi tengah Cebu mempertanyakan protokol pengujian dan karantina gugus tugas nasional.

“Gelombang pertama benar-benar menghabiskan sumber daya pemerintah. Satu lagi akan menjadi bencana bagi negara ini. Itulah mengapa semakin ketat Anda, semakin baik,” tegas Duterte.

Namun Menteri Kehakiman Filipina, Menardo Guevarra, membalas pernyataan Duterte pada hari Selasa, (22/6), dengan menyatakan, bahwa tidak ada undang-undang yang memaksa warga untuk divaksinasi. (kdnt)

Don`t copy text!