fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Gudang Alsintan KSB

Pasca Kebakaran Hebat, Gudang Alsintan KSB Belum Bisa Dibangun Kembali

Taliwang, KOBAR – Pasca kebakaran hebat bulan September 2020, Gudang Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dilaporkan belum bisa dibangun kembali. Hal itu disebabkan oleh karena kasus kebakaran masih dalam penanganan pihak kepolisian. Disamping juga karena persoalan status kepemilikan aset.

“Hingga saat ini, gudang alsintan yang terbakar tahun lalu belum bisa kami ganggu gugat. Disamping karena peristiwa kebakaran itu masih dalam penanganan pihak kepolisian, juga karena status kepemilikan aset bangunan,” tutur Syaiful Ulum SP, Kepala Bidang Pertanian, Dinas Pertanian KSB, Jum’at, (19/3).

Terkait status kepemilikan aset, jelasnya, bangunan gudang alsintan merupakan aset milik Kementerian Pertanian. Sedangkan lahan atau tanahnya adalah milik Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat.

“Karena ada 2 pemilik aset, maka prosesnya menjadi rumit. Untuk bangunan harus kami laporkan kepada kementerian Pertanian, karena memang bangunannya dibangun dengan biaya kementerian,” terangnya.

Sedangkan untuk persoalan perkara kebakaran, lanjutnya, masih dalam penanganan aparat penegak hukum. Meski garis polisi telah dicabut dari tempat kejadian perkara (TKP), kata Syaiful, namun status perkara masih dalam penanganan pihak kepolisian hingga setahun berjalan.

“Perkaranya masih ditangani kepolisian hingga setahun berjalan. Hingga saat ini belum ada tersangka. Dugaan penyebab kebakaran masih karena arus pendek listrik. Kerugian ditaksir sebesar Rp 2 miliar, yang terdiri dari aset barang yang hangus terbakar, termasuk bangunan gudang,” tutup Kepala Bidang Pertanian, Dinas Pertanian KSB. (kdon)

Don`t copy text!