fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Sarang Burung Walet Indonesia - Produk Andalan Ekspor Indonesia

Sarang Burung Walet Jadi Produk Andalan Ekspor Indonesia

Surabaya, KOBAR – Dari bulan Januari hingga bulan Maret 2021, Kementerian Pertanian mencatat, bahwa ekspor sarang burung walet dari Jawa Timur telah mencapai 51,3 ton, atau bernilai Rp 661,3 miliar. Dengan negara tujuan ekspor, yaitu; Tiongkok, Australia, Amerika Serikat, Hongkong, Kanada, Singapura, Taiwan, Jepang, Malaysia, dan Vietnam.

“Sarang burung walet kita diminati dunia. Saya akan ke Tiongkok lepas pandemi ini, agar ekspor kita ini lebih kuat,” kata Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, usai melepas ekspor sarang burung walet asal Provinsi Jawa Timur, sebanyak 494 kilogram, dengan nilai Rp 9,9 miliar ke Tiongkok, di Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Jumat, (12/3).

Jelas Mentan, bahwa komoditas sub sektor peternakan ini berada di bawah pembinaannya. Yang mana untuk produktivitas, di bawah Direktorat Jenderal Peternakan, dan untuk memfasilitasi ekspornya dikawal Badan Karantina Pertanian.

Sarang Burung Walet Surabaya
Menteri Pertanian saat meninjau rumah pemrosesan sarang burung walet di Surabaya

“Ini menjadi fokus kami. Baik Kementan, Kemendag, wakil negara kita di sana, dan lainnya, untuk mendorong sarang burung walet kita agar tidak bermasalah di pasar Tiongkok. Tidak ada kuota, asal mampu penuhi persyaratannya. Pasarnya masih terbuka lebar, dan kita mampu secara produksi,” tegas Syahrul Yasin Limpo.

Usaha agribisnis sarang burung walet saat ini, terangnya, sangat menarik dan begitu menjanjikan. Selain memerlukan higienitas yang maksimum. Industri ini juga padat karya, atau butuh tenaga kerja yang banyak. Dan hal ini, tentu sangat baik bagi negara.

“Saat ini, di Provinsi Jawa Timur ada 84 rumah walet yang terdaftar. Dengan rumah pemrosesan walet sebanyak 9 unit. Dari data IQFAST Barantan, tercatat di tahun 2020 volume ekspornya sebanyak 245,3 ton, dengan nilai mencapai hingga Rp 3,5 triliun,” demikian Menteri Pertanian. (knda)

Don`t copy text!