fbpx
Polwan NTB Disukai Iwan Fals, Jago Bahasa Mandarin dan Miliki Segudang Prestasi

Polwan NTB Disukai Iwan Fals, Jago Bahasa Mandarin dan Miliki Segudang Prestasi

Mataram, KOBAR – Iptu Rita Yuliana SIK MM, seorang Polisi Wanita (Polwan), yang kini bertugas sebagai Kasat Lantas Polres Lombok Barat, jadi trending di jagat maya selama sepekan terakhir. Hal itu terjadi, gara-gara foto dirinya dicuit akun twitter Iwan Fals, penyanyi legendaris tanah air.

Dalam cuitan berupa foto tangkapan layar pemberitaan salah satu media nasional tentang Kasat Lantas Polres Lombok Barat, Iwan Fals melalui akun twitternya menuliskan harapannya kepada polwan cantik itu.

Polwan NTB
Iptu Rita Yuliana, S.IK, MM.

“Moga2 gak rusak kena sabu dan sejenisnya ya,” tweet akun (@Iwanfals)

Cuitan tersebut sontak langsung dikomentari oleh Polwan cantik itu melalui akun twitter Iptu Rita, mengaminkan doa dan harapan dari penyanyi legendaris Indonesia itu. Ia turut mendoakan Iwan fals agar tetap sehat.

“Aamiin Yra, Terima kasih atas doanya kepada saya bapak. Semoga Bapak sehat selalu,” balas (@ritayuliana45).

Polwan NTB
Iptu Rita Yuliana, S.IK, MM.

Dengan rasa sedikit kaget dan seolah tak percaya cuitannya itu mendapat respon dari Polwan yang mahir berbahasa mandarin itu. Iwan fals kembali menuliskan komentarnya yang sempat bingung memanggil dengan sebutan yang pas untuk Kasat Lantas Polres Lombok Barat itu.

“Wah langsung dibales, selamat bertugas ya mbak, bu atau bagaimana saya manggilnya,” tulis akun (@Iwanfals).

Tweet balasan tersebut kembali mendapat tanggapan dan respon dari Kasat Lantas Cantik itu dengan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Iwan Fals, atas doa yang ia berikan kepadanya. Ia juga menuturkan, bahwa pangkat yang ia miliki akan masih banyak menghadapi tantangan dalam pelaksanaan tugasnya kedepan. Namun hal itu sudah siap ia tempuh.

Polwan NTB
Iptu Rita Yuliana, S.IK, MM.

“Iya Bapak saya sangat berterima kasih atas doanya. Pangkat saya baru Iptu, Perjalanan masih panjang, masih banyak tantangan yang dihadapi dan masih harus banyak belajar. Salam Hormat Saya untuk Bapak,” balas polwan cantik Polda NTB itu melalui akun (@ritayuliana45).

Sebagai bentuk hormatnya kepada polwan Polda NTB yang berprestasi itu, Iwan Fals juga mengucapkan di kolom komentarnya melalu akun twitter (@Iwanfals) seperti ini:

“Salam Hormat Kembali,” tulis penyanyi legend itu.

Di akhir komentarnya, Iptu Rita mengaku sangat mengidolakan sosok Iwan Fals. Ia bahkan tak segan mengutarakan bahwa dirinya sangat senang mendengar sekaligus menyanyikan lagu-lagu dari Iwan Fals. Hal itu ia ungkapkan dalam balasannya di kolom komentar, bahkan ia sekali lagi mendoakan kesehatan penyanyi Indonesia itu.

Polwan NTB
Iptu Rita Yuliana, S.IK, MM.

“Saya juga suka dengerin dan nyanyiin lagu bapak idola, terima kasih bapak sehat selalu,” tweet akun (@ritayuliana45) kembali.

Diketahui, tidak hanya sekali Iwan Fals mencuit tentang Ipda Rita, tapi sudah 2 kali ia mencuit tentang Rita dalam sebulan. Hingga berita ini diturunkan, cuitan Iwan Fals tentang Iptu Rita yang terakhir, dikomentari sebanyak 59 komentar, 102 kali retweet, dan sebanyak 534 pengguna twitter menyukai postingan tersebut. 

Untuk diketahui, selain cantik, Rita juga jago berbahasa mandarin. Iptu Rita Yuliana pada tahun 2018 lalu, pernah menjadi satu-satunya perwakilan Polri yang mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU), Beijing, Republik Rakyat China.

Program itu merupakan spesialis bahasa mandarin yang diikuti oleh 33 negara dari tiga benua, yaitu, Eropa, Asia, dan Afrika. Di sana Iptu Rita Yuliana juga sempat menorehkan prestasi, dimana ia mendapatkan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK), yakni, ujian standarisasi kemahiran berbahasa mandarin bagi penutur asing, yang hanya ditargetkan mencapai HSK level 3. Sedangkan Polwan Polda NTB itu justru mendapatkan HSK level 4.

Polwan NTB
Iptu Rita Yuliana, S.IK, MM.

Ia juga sempat viral di jagat maya, karena video yang diunggah oleh akun resmi instagram (@satlantaspolreslombokbarat). Yang mana, dalam video tersebut menampilkan perwira cantik Polda NTB itu memberikan ucapan selamat hari raya imlek, dengan menggunakan bahasa mandarin yang fasih.

Kasat Lantas Polres Lombok Barat itu, dalam siaran persnya, menjelaskan, bahwa tujuan ia membuat video tersebut, untuk diberikan kepada teman-temannya yang ada di kedutaan besar China, polisi China, teman luar negeri negara lain di China, dan teman satu program di China, yang sekarang tinggal di negara mereka masing-masing.

“Awalnya saya membuat video itu untuk diberikan kepada teman-teman saya di China dan teman-teman dari negara asing yang faham bahasa china. Karena mereka sedang merayakan Imlek di sana, makanya saya membuat video itu,” jelas Iptu Rita.

Ia pun menjelaskan, bahwa keterampilan bahasa mandarin yang dimilikinya, didapatkan saat ia berkesempatan mewakili Polri mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU), China. 

Polwan NTB
Iptu Rita Yuliana, S.IK, MM.

Sementara itu, Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto SIK MSi, dalam keterangan persnya, mengapresiasi kemahiran dan sikap saling menghargai antar sesama yang ditunjukkan Iptu Rita.

“Bukan hanya kemahiran dalam berbahasa mandarin saja yang ditunjukkan oleh Kasat Lantas Lombok Barat ini. Dari sini kita juga bisa belajar untuk saling menghargai antar sesama dalam perayaan hari besar orang lain,” tuturnya.

Ia mengatakan, bahwa keahlian dan prestasi yang diraih Iptu Rita merupakan kebanggaan tersendiri untuk Polda NTB.

“Kami bangga dengan personil yang berprestasi semacam ini. Ini perlu dicontoh oleh anggota lain,” tutup Kabid Humas Polda NTB.

Untuk diketahui, selain prestasi di luar negeri, Iptu Rita sebelum menjabat sebagai kasat Lantas Polres Lombok Barat, pernah bertugas di Subdit IV Ditreskrimum Polda NTB. Yang mana saat bertugas telah berhasil mengungkap kasus striptis metzo di Senggigi, Lombok Barat. Dan masih banyak lagi prestasi-prestasi lain yang diraihnya. (kdon)

Don`t copy text!