1 Juta Tenaga Kesehatan di Indonesia Telah Disuntik Vaksin Covid-19

1 Juta Tenaga Kesehatan di Indonesia Telah Disuntik Vaksin Covid-19

Jakarta, KOBAR – Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan, bahwa vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan telah mencapai angka 1 juta orang di seluruh Indonesia. 

“Hari ini saya bahagia, karena vaksinasi tembus 1 juta bagi tenaga kesehatan,” kata Budi Gunadi, dalam siaran persnya, Kamis, (11/2).

Ia pun menjelaskan, bahwa tenaga kesehatan yang sudah datang ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk divaksinasi sekitar hampir 1,3 juta orang. Namun, karena sebagian dari tenaga kesehatan tersebut ada yang memiliki komorbid dan sedang hamil, sehingga baru 1 juta orang tenaga kesehatan yang bisa divaksinasi.

Target jumlah tenaga kesehatan yang divaksinasi, terangnya, adalah sebanyak 1,48 juta. Yang berarti hari ini sudah sebesar 85 persen yang telah disuntik vaksin CoronaVac. Dengan demikian, setelah vaksinasi tenaga kesehatan tuntas, kemudian dilanjutkan dengan vaksinasi bagi petugas publik.

“Yang termasuk kriteria petugas publik diantaranya adalah orang yang pekerjaannya sehari-hari bertemu dengan orang banyak,” jelas Menkes.

Selain vaksinasi bagi petugas publik, vaksinasi bagi kelompok lanjut usia (Lansia) atau orang yang berusia diatas 60 tahun juga dapat dipercepat. Terlebih vaksinasi bagi Lansia sudah dimulai awal minggu ini.

“Program vaksinasi targetnya adalah memberikan vaksin ke 181,5 juta rakyat Indonesia usia diatas 18 tahun. Jadi butuh 363 juta dosis. Karena masing-masing butuh 2 dosis, ditambah 15 persen cadangan. Sehingga total yang disediakan adalah 426 juta dosis vaksin,” pungkas Budi Gunadi Sadikin. (knda)

Don`t copy text!