fbpx
2 Hari Berturut-turut, Sumbawa Barat Diguncang Gempa Bumi M 4,6 dan M 4,8

2 Hari Berturut-turut, Sumbawa Barat Diguncang Gempa Bumi M 4,6 dan M 4,8

Taliwang, KOBAR – Selama 2 hari berturut-turut, Sumbawa Barat diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan, bahwa gempa bumi pertama yang dirasakan berkekuatan M 4,6, terjadi pada hari Jumat, (25/12), pukul 06.09 WITA. Yang terbaru, berkekuatan M 4,8, yang terjadi pada pukul 21.42 WITA, Sabtu, (26/12).

Yang pertama, Episenter gempa terletak pada koordinat 9,31 LS dan 117,41 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 87 Km Tenggara Sumbawa Barat, NTB, pada kedalaman 86 Km. Yang kedua, Episenter gempa terletak pada koordinat 9.15 LS – 117.20 BT, berada di laut 58 Km Tenggara Sumbawa Barat, pada kedalaman 10 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo Australia yang menujam ke Lempeng Eurasia,” Ardhianto Septiadhi SSi, Kepala Stasiun Geofisika Mataram, NTB, dalam siaran persnya, Sabtu, (26/12).

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat, tutur Ardhianto, gempa pertama berupa guncangan dirasakan di wilayah Sumbawa Barat III MMI. Gempa terbaru, dirasakan di Sumbawa, Sumbawa Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Barat, Karangasem, dan Kuta Selatan. Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

“Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG, yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” demikian Kepala Stasiun Geofisika Mataram, NTB. (kdon)

Don`t copy text!