Masyarakat Diminta Waspada Ancaman Demam Berdarah | kobarksb.com
28/05/2020

PORTAL BERITA KOBAR

kobarksb.com

Masyarakat Diminta Waspada Ancaman Demam Berdarah

Taliwang, KOBAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbawa Barat, mengimbau seluruh masyarakat agar waspada terhadap nyamuk Demam Berdarah (DBD). Sebab musim hujan seperti saat ini waktunya nyamuk DBD berkembang biak.

“Pengaruh yang paling besar di lingkungan kita adalah cuaca yang tak menentu, maka disitulah nyamuk akan bersarang,” ucap Kepala Dinas Kesehatan, H Tuwuh SAP, saat ditemui media ini minggu lalu.

H. Tuwuh, S.AP.

Masih Tuwuh, Bupati dan pihaknyapun sudah jauh hari sebelum musim hujan tiba telah menghimbau kewaspadaan terhadap DBD. Dan sudah diinformasikan kepada seluruh masyarakat KSB melalui surat edaran yang diberikan kepada seluruh Puskesmas, termasuk ke semua Desa.

Baca Juga :  Baru Beroperasi, Dua Puskesmas Diminta Tingkatkan Pelayanan

“Untuk mengantisipasi DBD, kita juga mengajak masyarakat untuk gotong royong di lingkungan masing-masing. Karena percuma kalau rumah kita bersih tapi rumah tetangga kita kotor, itu juga sama dengan bohong. Maka dari itu, perlu saling mengingatkan tentang dampak yang ditimbulkan dari lingkungan yang kotor,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan lebih mengaktifkan lagi kewaspadaan DBD. Terutama kepada petugas surveilans di Puskesmas. Dan terus dilakukan pemantauan melalui Team Gerak Cepat (TGC) Dinkes KSB, guna menjaga kesiapan dan kesiagaan.

“Selain itu kita juga turun ke lapangan untuk gencar melakukan sosialisasi serta melakukan penyuluhan kepada warga-warga,” ujarnya.

Dengan demikian, yang perlu dilakukan masyarakat yakni, membersihakn rumah atau lingkungan disekitar agar tetap bersih, membersihkan bak mandi dan menaburkan serbuk abate agar jentik-jentik nyamuk mati. Menutup, membalik, atau jika perlu menyingkirkan media-media kecil penampung air lainnya yang ada di rumah anda, memasang kawat anti nyamuk di seluruh ventilasi rumah anda. (kras)

loading...
Bagikan di:

KOMENTAR

Komentar