KSB Aman Dari Wabah Anjing Gila

Menu

Mode Gelap

SUMBAWA BARAT · 19 Feb 2019

KSB Aman Dari Wabah Anjing Gila


KSB Aman Dari Wabah Anjing Gila Perbesar

“Anjing dan Kucing Divaksin Rabies”

Taliwang, KOBAR – Kejadian Luar Biasa (KLB) wabah rabies atau anjing gila di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), kian mengkhawatirkan. Untuk mengantisipasi hal itu, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengimbau kepada masyarakat untuk mengeliminasi anjing yang berkeliaran bebas, guna mencegah adanya korban atau rabies mewabah di KSB.

Hal tersebut dilakukan, mengingat Sumbawa Barat merupakan pintu keluar masuk antar pulau di NTB yang rawan adanya kasus rabies. Selain mengeluarkan imbauan, Pemkab juga akan melakukan vaksinasi dan eliminasi terhadap sejumlah anjing liar.

“Di Sumbawa Barat kondisinya sejauh ini masih aman dari adanya anjing gila. Tapi, untuk mengantisipasi penyebaran dan penularannya, Pemda akan melakukan vaksinasi dan eliminasi terhadap sejumlah anjing liar, khususnya yang ada di Desa perbatasan, seperti kokarlian dan Desa Poto Tano,” kata Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, Suhadi SP MSi, saat ditemui media ini.

Ia juga menambahkan, bahwa untuk melakukan vaksinisasi secara keseluruhan di seluruh Kecamatan belum bisa karena keterbatasan anggaran. Yang ada hanya penawar racun untuk hewan yang dieliminasi. Itupun terbatas, hanya untuk satu kecamatan saja.

Meski demikian, pemerintah melalui bidang peternakan terus berupaya memaksimalkan antisipasi adanya penyebaran virus yang dibawa anjing gila. Termasuk dengan mengeliminasi anjing liar di seluruh Desa se KSB.

“Minggu depan kita akan eliminasi, kita tunggu pihak provinsi untuk melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat,” tambahnya.

Untuk eliminasi yang digelar minggu depan, ia mengaku sudah berkoordinasi dan bersurat ke pemerintah desa Kokarlian dan Desa Poto Tano.

“Kami sudah memberitahukan bahwa akan ada eliminasi anjing liar. Selanjutnya kami juga sudah meminta untuk disediakan tempat atau lokasi untuk mengubur anjing liar jika ada yang terindikasi rabies. Selain itu juga, kami juga meminta agar anjing peliharaan agar diikat oleh pemiliknya untuk meminimalisir penularan rabies,” tukas Suhadi.

Menurutnya, perlu kerjasama semua pihak untuk mengantisipasi hal ini. Pemerintah serta masyarakat harus pro aktif untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Kita berharap tidak ada terjadi kasus rabies di KSB. Untuk itu perlu kerjasama yang baik, supaya binatang yang dapat tertular bisa kita jaga, dan kita jauhkan dari lingkungan sekitar,” tutup Suhadi. (kdon)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 39
    Wabah Anjing Gila Melanda SumbawaSumbawa, KOBAR - Belum usai pandemi virus corona, Kabupaten Sumbawa kembali dilanda wabah rabies atau penyakit anjing gila. 5 orang di Kecamatan Lunyuk dilaporkan telah menjadi korban gigitan anjing gila. “Kasus gigitan anjing gila baru saja terjadi di Kecamatan Lunyuk. 5 orang menjadi korban gigitan. Di penghujung tahun 2020 hingga…
  • 35
    Suka Pantai? Datanglah Ke Sumbawa BaratOrang banyak mengira kalau Sumba itu adalah Sumbawa, padahal kan beda daerah. Tulisannya saja sudah beda apalagi tempatnya. Sumbawa berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau ini dibatasi oleh Selat Alas di sebelah barat (memisahkan dengan Pulau Lombok). Umumnya orang yang sudah bosan ke Bali biasanya mengunjungi Pulau Lombok,…
  • 35
    Sebuah Rumah Reot di Sermong Diakui Tidak Pernah Tersentuh Program PemerintahTaliwang, KOBAR - Sejak Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terbentuk hingga menjelang usianya ke-16, sejumlah program pemerintah untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat telah banyak digulirkan, terutama dalam persoalan sandang, pangan, dan papan. Tapi siapa sangka, dari sekian banyak dan sekian lama program itu ada, ternyata masih ada saja Penduduk KSB yang…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Amman Mineral Buka 13 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat

11 April 2024 - 09:13

Amman Mineral Buka 13 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat - Tambang Batu Hijau PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

PUPR KSB Dituding Tak Peduli Keselamatan Pengendara, Material Bekas Proyek Dibiarkan Berserakan

3 April 2024 - 20:31

PUPR KSB Dituding Tak Peduli Keselamatan Pengendara, Material Bekas Proyek Dibiarkan Berserakan - Proyek Jalan Hotmix PUPR Kabupaten Sumbawa Barat

AMMAN dan Pemda KSB Bersinergi Wujudkan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan di Sumbawa Barat

2 April 2024 - 19:58

AMMAN dan Pemda KSB Bersinergi Wujudkan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan di Sumbawa Barat - Program Pengelolaan Sampah Sekolah PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Kualitas Tak Kalah Saing, Universitas Cordova Berperan Aktif Meningkatkan SDM KSB

2 April 2024 - 03:56

Kualitas Tak Kalah Saing, Universitas Cordova Berperan Aktif Meningkatkan SDM KSB - Zulkifli Muhadli - Rektor Universitas Cordova

Proyek Jaringan Irigasi Jereweh – Tiu Suntuk Dimulai, KSB Siap Menuju Lumbung Pangan dan Kawasan Industri

27 Maret 2024 - 01:06

Proyek Jaringan Irigasi Jereweh - Tiu Suntuk Dimulai, KSB Siap Menuju Lumbung Pangan dan Kawasan Industri - Proyek Bendungan Tiu Suntuk Sumbawa Barat

Amman Mineral Buka Lowongan Kerja Tenaga IT, Mekanik, dan Elektrik Untuk Tambang Emas Sumbawa Barat

24 Maret 2024 - 21:17

Amman Mineral Buka Lowongan Kerja Tenaga IT, Mekanik, dan Elektrik Untuk Tambang Emas Sumbawa Barat - PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT)
Trending di LOWONGAN KERJA
Don`t copy text!