Realisasi APBD KSB Masih 33 Persen

Menu

Mode Gelap

PULAU SUMBAWA · 30 Sep 2016

Realisasi APBD KSB Masih 33 Persen


Realisasi APBD KSB Masih 33 Persen Perbesar

“Baru Rp 338 M dari Rp 1,172 T”

Taliwang, KOBAR – Hingga  akhir Agustus lalu, dilaporkan bahwa Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tahun anggaran 2016, baru terealisasi sekitar 33,09 persen atau sekitar Rp 338.064.700.673 dari total APBD sebesar Rp 1,172 triliun lebih.

Kepala Administrasi Perekonomian Pembangunan (APP) Setda Sumbawa Barat, Nurdin Rahman SE, tidak memungkiri, hingga saat ini realisasi APBD terutama program fisik kurang dari target 50 persen dari total APBD tahun anggaran 2016.

Menurutnya, melambatnya serapan APBD itu disebabkan, sejumlah program fisik masih dalam tahap pengerjaan dan sebagiannya masih dalam tahap proses tender. Terutama program fisik yang ada di Dinas Pekerjaan Umum (DPU), dari total anggaran yang dikelola sekitar Rp 200 miliar lebih, sebagian besar kegiatan masih dalam tahap pengerjaan.

“Anggaran yang direalisasikan dinas ini baru sekitar 20 persen dari total anggaran sekitar Rp 200 Miliar lebih,’’ katanya.

Kendala lain yang menjadi penyebab minimnya realisasi APBD tersebut, ungkapnya, karena sebagian besar anggaran program dan kegiatan fisik di APBD Perubahan, penetapannya memang agak sedikit terlambat. Sementara  anggaran kegiatan fisik ditetapkan di APBD murni, capaiannya terealisasi sekitar 50 persen.

“Jika diasumsikan dengan besaran APBD murni sebesar Rp 800 Miliar lebih, hingga bulan Agustus lalu, serapan dan realisasi APBD mencapai 50 persen,’’ katanya.

Ia memperkirakan, minimnya realisasi anggaran itu mungkin disebabkan karena lambannya pengajuan proses lelang oleh SKPD teknis. Bisa juga karena mengalami kendala saat mengeksekusi kegiatan.

“Bisa juga karena kendala material atau bahan bangunan yang tersedia di pasaran yang tidak sesuai dengan kualifikasi, dan sejumlah kendala lainnya,” imbuhnya.

Meski demikian, Pemkab, kata dia, tentu  akan terus menggenjot kinerja dinas teknis, terutama SKPD yang belum mengajukan proses tender ke Unit Lelang Pengadaan Barang dan Jasa (ULP) untuk segera menyerahkan dokumen tendernya.

Selain itu, untuk memastikan secara jelas faktor yang membuat minimnya serapan anggaran tersebut, dalam waktu dekat ini, akan dilaksanakan rapat evaluasi dengan melibatkan seluruh SKPD.

“Dalam rapat ini semuanya nanti akan jelas. Termasuk kebijakan yang akan digulirkan pemerintah untuk menggenjot pelaksanaan kegiatan tersebut agar terealisasi 100 persen,” pungkasnya. (ktas)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 43
    Penataan Mantar Masih Jalan Di TempatTaliwang, KOBAR - Serapan anggaran untuk program pengembangan dan penataan Desa Budaya Mantar dinilai masih minim. Hal itu memunculkan tudingan miring dari anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dimana pemerintah dinilai tidak konsisten dan tidak mampu melaksanakan program yang cukup getol ingin dikembangkan. Anggota DPRD KSB, Hasanuddin, beberapa waktu lalu mengatakan,…
  • 41
    Kemendes PDTT Janjikan Infrastruktur Untuk Wilayah Terisolir di KSBAheruddin: Pemkab Harus Bergerak Cepat Jemput Bola Taliwang, KOBAR - Usulan program pembangunan untuk wilayah terisolir di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah mendapat respons positif dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Informasi ini disampaikan Ketua Komisi II DPRD setempat atas hasil Kunjungan Kerja (Kunker) pihaknya yang dilakukan…
  • 41
    Tahun 2015, Anggaran Rehab dan Rawat Irigasi MeningkatTaliwang, KOBAR - Anggaran untuk perbaikan dan perawatan saluran irigasi di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk tahun 2015 mengalami kenaikan dibanding tahun anggaran 2014, dimana pada tahun ini teralokasi kisaran Rp 600 juta, sehingga diyakini saluran irigasi pertanian akan lebih layak untuk dimanfaatkan petani. “Tahun 2015 kita mendapat kenaikan anggaran untuk saluran irigasi. Dari…
  • 39
    18 Desa Siap Gelar Pilkades SerentakTaliwang, KOBAR - Sebanyak 18 Desa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dilaporkan telah siap untuk menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak, Besok, Minggu, (7/10). 18 jabatan Kepala Desa tersebut akan diperebutkan oleh 56 orang Calon Kepala Desa. Pemerintah KSB melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD), menyatakan telah mempersiapkan…
  • 38
    Dewan Ragukan Keseriusan Newmont Bangun SmelterTaliwang, KOBAR - Uang jaminan pembangunan perusahaan pengolahan hasil tambang (Smelter) yang akan diserahkan PT. Newmont Nusa Tenggara (NNT) kepada pemerintah pusat tidak bisa dijadikan jaminan utuh bahwa perusahaan asal paman sam itu serius, karena bisa jadi itu hanya upaya untuk bisa melakukan ekspor. Keraguan yang disampaikan wakil ketua DPRD Kabupaten…
  • 37
    Janji Bupati KSB Saat Pilkada Akan Dipenuhi APBDP 2016Taliwang, KOBAR - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) yang akan dibahas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbawa Barat dalam waktu dekat ini, setidaknya akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp 105 miliar untuk pelaksanaan Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), dan sejumlah program prioritas Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, terutama beberapa janji…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Amman Mineral Kembali Berangkatkan 32 Pelajar Penerima Beasiswa AMMAN Scholars

19 Juli 2024 - 16:57

Amman Mineral Kembali Berangkatkan 32 Pelajar Penerima Beasiswa AMMAN Scholars - Beasiswa AMMAN Scholars 2024

Alarm Darurat Pendidikan: 1.235 Orang Anak Putus Sekolah SD di NTB

8 Juli 2024 - 19:29

Alarm Darurat Pendidikan 1.235 Orang Anak Putus Sekolah SD di NTB - Siswi Sekolah Dasar (SD)

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H

1 Februari 2024 - 18:43

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H - Haedar Nashir - Ketua Umum PP Muhammadiyah

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK

12 Januari 2024 - 15:30

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK - Loker Trakindo

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate

8 Oktober 2023 - 18:01

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate - Tambang Emas Freeport Indonesia

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS

12 Agustus 2023 - 20:27

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS - Seleksi PPPK 2023 - CASN 2023
Trending di LOWONGAN KERJA
Don`t copy text!