Sekda NTB Minta Seluruh Sekolah Giatkan Kembali Pramuka

Menu

Mode Gelap

PULAU SUMBAWA · 12 Agu 2016

Sekda NTB Minta Seluruh Sekolah Giatkan Kembali Pramuka


Sekda NTB Minta Seluruh Sekolah Giatkan Kembali Pramuka Perbesar

Rosiady: Diwajibkan, Berdasarkan Kurikulum 2013

Taliwang, KOBAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr Ir H Rosiady Sayuti MSc, yang juga menjabat sebagai Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka NTB, meminta agar kegiatan kepramukaan di semua sekolah di tiap kabupaten/kota diaktifkan kembali. Mengingat kegiatan kepramukaan telah menjadi agenda ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh semua siswa berdasarkan Kurikulum 2013 (K-13).

Menurut Rosiady, kegiatan ekstrakurikuler Praja Muda Karana, atau biasa disebut Pramuka, menjadi kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) wajib bagi peserta didik di Sekolah Dasar dan Menengah. Pramuka bukan menjadi mata pelajaran wajib, melainkan tetap menjadi kegiatan ekstrakurikuler.

“Ada penambahan waktu dalam kurikulum baru dari 26 jam menjadi 30 jam seminggu. Dan itu termasuk ekstrakurikuler pramuka,” katanya.

Ia memaparkan, setidaknya ada tiga hal yang menjadi alasan menjadikan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib. Pertama, dasar legalitasnya jelas. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014, Tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, serta Undang-undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

“Pramuka mengajarkan banyak nilai, mulai dari kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, hingga kemandirian. Itu juga menjadi salah satu alasannya,” katanya lagi.

Hanya saja kata Rosiady, untuk melaksanakan aktifitas kepramukaan di masing-masing sekolah, lebih dulu harus dibentuk gugus depan (Gudep). Menurutnya, Gugus Depan itu yang nantinya akan mengakomodir semua kegiatan kepramukaan di sekolah masing-masing bahkan lebih dari sebuah ekstrakurikuler lainnya.

“Kegiatan ektrakurikuler, biasanya tidak dilengkapi dengan bagan struktur kepengurusan. Sedangkan gugus depan, keorganisasiannya jelas dan ada bidang-bidang yang harus diisi. Contoh, di dalam kepengurusan Gugus Depan itu, ada Andalan Gugus Depan Urusan Latihan (Ungulat) dan ada juga bidang atau andalan urusan perlengkapan (Anguperkap). Semua itu harus diisi,” jelasnya.

Selain itu tambahnya, kepengurusan Gugus Depan itu harus ada garis koordinasi dan garis instruksi antar pengurus. Selain juga memiliki kewenangan dan kebijakan untuk memprogram kegiatannya. Semisal, waktu latihan bagi siswa pramuka.

“Mereka bebas merencanakan pola pendidikan pramuka di masing-masing Gugus Depan,” imbuhnya seraya mengatakan bahwa Gugus Depan itu memiliki program pelatihan dan pembinaan yang terjadwal.

Rosiady menegaskan, pihaknya akan mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang ditujukan ke semua Kwartir Cabang di tiap kabupaten/kota se-Nusa Tenggara Barat. Point penting surat edaran itu adalah agar kegiatan kepramukaan dibangkitkan kembali.

“SE itu, Insya Allah akan kita keluarkan Agustus ini sekaligus menyambut Hari Pramuka yang jatuh pada 14 Agustus mendatang,” pungkasnya. (kjon)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 49
    Pramuka Sumbawa Barat Siap Ikuti Jambore Nasional di Cibubur“Training Center Resmi Dibuka Wakil Bupati” Taliwang, KOBAR - Kontingen pramuka dari Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dipastikan akan turut ambil bagian dalam Kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka ke-10 yang akan dihelat pada Agustus mendatang di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta. Kegiatan ini dijadwalkan akan dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi),  serta melibatan…
  • 40
    Gerakan Pramuka di Sumbawa Barat Akan Diperkuat“Fud Syaifuddin Jabat Ketua Kwarcab Sumbawa Barat” Taliwang, KOBAR - Musyawarah Cabang III, pengurus Kwartir Cabang Sumbawa Barat yang berlangsung di Ruang Sidang II Kantor Sekretariat Daerah, pekan kemarin, memberikan warna baru pada pucuk kepemimpinannya. Setelah periode kepengurusan 2010-2015, Kwarcab dipimpin oleh Drs Nurdin Nur, kepengurusan untuk tahun 2016-2021 dipimpin oleh…
  • 39
    PETI Seluruh KSB Segera DitertibkanTaliwang, KOBAR - Maraknya Penambangan Tanpa Izin (PETI) kurun waktu terakhir ini, membuat Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kelabakan dan dipaksa untuk putar otak. Maklum dampak lingkungan yang ditimbulkan PETI sangat meresahkan dan berimbas panjang. Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, belum lama ini, menyampaikan, bahwa dirinya baru…
  • 39
    Mangkrak Selama 6 Tahun, Jalur 2 Jalan Raya TGH ZAM Taliwang Segera DihotmixTaliwang, KOBARKSB.com - Setelah dibangun pada masa pemerintahan Gubernur Tuan Guru Bajang (TGB) lantas mangkrak, jalur 2 proyek Jalan Raya TGH Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) dilaporkan akan kembali dikerjakan. Jalan raya sepanjang lebih kurang 3 KM di Kota Taliwang ini, dahulunya dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi NTB. Namun tanpa diketahui penyebabnya,…
  • 38
    Tak Paham Tupoksi, Para Camat Akan Ditatar UlangTaliwang, KOBAR - Peran kunci Camat selaku pemangku kebijakan di wilayah kecamatan berdasarkan pantauan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) selama ini, dinilai belum maksimal. Beberapa tugas dan fungsi pokok yang diharapkan mampu dieksekusi dengan baik, justru para Camat yang dipercayakan, tidak mengerti atau malah menyepelekan pentingnya segala bentuk dokumentasi kegiatan baik tulisan…
  • 38
    Bupati KSB Sampaikan Secara Global Capaian PemerintahanTaliwang, KOBAR - Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr KH Zulkifli Muhadli, SH, MM pada acara progress report ke-9 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu menyampaikan secara global capaian pemerintahan selama kurun waktu tahun 2013. Capaian yang disampaikan adalah implementasi dari visi KSB tahun 2011-2015, yaitu terwujudnya keunggulan wilayah pada semua bidang…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Amman Mineral Kembali Berangkatkan 32 Pelajar Penerima Beasiswa AMMAN Scholars

19 Juli 2024 - 16:57

Amman Mineral Kembali Berangkatkan 32 Pelajar Penerima Beasiswa AMMAN Scholars - Beasiswa AMMAN Scholars 2024

Alarm Darurat Pendidikan: 1.235 Orang Anak Putus Sekolah SD di NTB

8 Juli 2024 - 19:29

Alarm Darurat Pendidikan 1.235 Orang Anak Putus Sekolah SD di NTB - Siswi Sekolah Dasar (SD)

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H

1 Februari 2024 - 18:43

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H - Haedar Nashir - Ketua Umum PP Muhammadiyah

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK

12 Januari 2024 - 15:30

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK - Loker Trakindo

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate

8 Oktober 2023 - 18:01

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate - Tambang Emas Freeport Indonesia

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS

12 Agustus 2023 - 20:27

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS - Seleksi PPPK 2023 - CASN 2023
Trending di LOWONGAN KERJA
Don`t copy text!