Pramuka Sumbawa Barat Siap Ikuti Jambore Nasional di Cibubur

Pramuka Sumbawa Barat Siap Ikuti Jambore Nasional di Cibubur

“Training Center Resmi Dibuka Wakil Bupati”

Taliwang, KOBAR – Kontingen pramuka dari Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dipastikan akan turut ambil bagian dalam Kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka ke-10 yang akan dihelat pada Agustus mendatang di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta. Kegiatan ini dijadwalkan akan dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi),  serta melibatan 22 ribu Pramuka dari seluruh Indonesia.

Fud Syaifuddin ST, Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, yang juga ketua Kwartir Cabang Pramuka Sumbawa Barat, pada akhir pekan kemarin, resmi membuka Training Center (TC) bagi calon peserta Jamnas yang akan dikirim ke Cibubur bulan Agustus mendatang.

Ia meminta, agar para peserta TC aktif dan tekun dalam mengikuti semua materi yang telah ditetapkan oleh para pembina. Apalagi dalam Pramuka lebih banyak dilatih mengenai pengembangan skill dan ketrampilan.

“Pramuka banyak berintraksi dengan alam luas sehingga wajib hukumnya bagi anggota pramuka memiliki kemampuan tersebut,” tegasnya, dalam upacara, di halaman kantor Kwartir Cabang Sumbawa Barat.

Ia menjelaskan, Pramuka harus terus mengasah kemampuannya untuk bisa menjadi orang yang bermanfaat seperti halnya tunas kelapa yang dijadikan sebagai inspirasi.

“Seorang pramuka harus memiliki bekal agar bermanfaat hingga bisa mendarmakan diri bagi nusa dan bangsa,” tuturnya.

Ia pun meminta, agar para peserta mulai berintraksi dan saling memahami satu sama lain. Pasalnya, peserta TC perdana persiapan menuju Cibubur, datang dari berbagai suku, ras, agama dan juga beragam sekolah.

“Bergaul antar sesama merupakan modal untuk meraih yang terbaik pada pelaksanaan Jamnas mendatang,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan jambore nasional merupakan agenda mempertemukan semua anggota Pramuka penggalang se-Indonesia. Tempat berbagi dan sekaligus tempat mempromosikan potensi daerah masing-masing, baik kebudayaan maupun pariwisata yang terbungkus dalam aroma kepramukaan.

“Insya Allah, kita akan tampilkan yang terbaik. Apalagi, pelaksanaan Jamnas tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pelaksanaannya dirangkai dengan momentum hari Bhakti Pramuka yang jatuh pada tanggal 17 Agustus dan bertepatan dengan hari Proklamasi 17 Agustus 2016 mendatang,” tukasnya.

Sementara itu, ketua pelaksana TC, Suprianto, mengatakan, dari 554 Kabupaten se-Indonesia, KSB telah memastikan diri untuk mengikuti kegiatan Jamnas di Cibubur.

“Pesertanya terbatas. Kita sendiri setidaknya akan mengutus 32 peserta ditambah dengan Pimpkon dan Pembina Pembantu,” terangnya.

Ia menjelaskan, pihaknya akan menggelar TC selama tiga kali sebelum bertolak ke Kwarda NTB untuk melakukan TC terakhir.

“Kita akan mantapkan semua skill peserta termasuk mematangkan persiapan terutama penampilan yang akan dipentaskan pada Jamnas mendatang,” beber Suprianto. (kjon)

Don`t copy text!