2 Lokasi Penambangan Galian C di KSB Diduga Illegal

2 Lokasi Penambangan Galian C di KSB Diduga Illegal

“Pemkab Tak Bisa Berbuat Apa-apa”

Taliwang, KOBAR – Aktifitas penambangan galian C di wilayah Gunung Semoan Lingkungan Sebubuk dan Lingkungan Batu Nampar diduga Illegal.  Pasalnya,  Pemerintah Provinsi NTB yang kini berkewenangan menerbitkan perizinan penambangan belum memberikan klarifikasi  mengenai  ijin kegiatan penambangan di wilayah itu.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbawa Barat melalui Kepala Bidang Pertambangan Umum, Idham Khalid ST, membenarkan hal tersebut.  Meski demikian ia mengaku tidak bisa mengambil tindakan apa-apa, lantaran kewenangan pertambangan telah diambil alih pemerintah provinsi.

“Kita terus berkoordinasi dengan Dinas Pertambangan Provinsi dan getol menanyakan masalah perijinan penambangan itu. Hal ini karena aktivitasnya terjadi di KSB,” ungkapnya.

Meski diduga Illegal,  pihaknya juga tidak memiliki kewenangan sama sekali untuk menghentikan aktifitas penambangan karena menyalahi aturan. Pihaknya hanya memberikan saran, masukan dan pendapat pada pelaku galian C untuk mengikuti prosedur serta persyaratan pertambangan sesuai peraturan undang-undang.

“Ini yang menjadi kendala kita. Jika keputusan masih di tangan Pemkab, maka aktivitasnya bisa saja dihentikan,” imbuhnya.

Walau bagaimanapun, Aturan harus tetap ditegakkan, lanjut Idham. Untuk itu, pihaknya dalam waktu dekat ini memastikan akan turun ke lokasi penambangan guna menyarankan perusahaan mengurus perijinannya.

“Ijin wajib dikantongi untuk mempermudah dilakukan pengawasan,” terangnya.

Selama belum adanya bukti perijinan tertulis, pemerintah tambah Idham tidak akan berhenti memberi sorotan pada aktivitas galian C tersebut. Apalagi, lokasi galian C sendiri berada di tepi jalan sehingga secara tidak langsung menggangu pengguna jalan lainnya akibat kendaraan proyek yang keluar-masuk membawa material.

“Mereka juga harus tahu standar keamanan. Terlebih, di sekitar lokasi tidak ada papan peringatan bagi pengguna jalan,” tandasnya. (kjon)

Don`t copy text!