Tak Jauh Dari Ibukota, Dusun Mekarsari Belum Tersentuh Listrik

Menu

Mode Gelap

PULAU SUMBAWA · 12 Feb 2016

Tak Jauh Dari Ibukota, Dusun Mekarsari Belum Tersentuh Listrik


Tak Jauh Dari Ibukota, Dusun Mekarsari Belum Tersentuh Listrik Perbesar

“Janji Pemerintah Hanya Isapan Jempol”

Brang Ene, KOBAR – Sejumlah wilayah di Kabupaten Sumbawa Barat ternyata belum dapat menikmati penerangan listrik. Ini dibuktikan dengan masih ditemuinya sebuah Dusun di Kecamatan Brang Ene belum teraliri listrik. Keadaan bertambah miris, karena lokasi Dusun Mekarsari terletak tak jauh dari Ibukota Kecamatan Brang Ene yaitu Desa Manemeng. Dengan jarak tidak lebih dari 500 meter, Dusun Mekarsari belum dapat menikmati listrik sejak belasan tahun lalu. Warga hanya mengandalkan penerangan sederhana, berupa lampu tempel berbahan bakar minyak tanah.

Dengan keadaan seperti itu, masyarakat dihadapkan pada kenyataan bahwa di zaman serba listrik sekarang ini, masih ditemui masyarakat yang belum merasakan hangatnya lampu pijar di dalam rumah. Pemerintah semestinya bereaksi cepat menangani hal ini, apalagi pengakuan dari warga yang menetap di wilayah itu telah melakukan berbagai upaya untuk dapat penerangan listrik.

Ditemui media ini, Sahman, (36), Ketua RW 03, Dusun Mekarsari, Kecamatan Brang Ene, menyatakan, setidaknya ada 36 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Mekarsari yang belum teraliri listrik. Dirinya bersama  perangkat Dusun lainnya melalui Pemerintah Desa Manemeng, bahkan sudah terlalu sering  mengajukan proposal setiap tahun sejak tahun 2005 guna meminta pemerintah untuk dapat membangun jaringan listrik. Sampai saat terakhir pengajuan di tahun 2016 ini, masyarakat belum mengetahui kepastian kesanggupan pemerintah untuk memasang instalasi listrik.

“Sebenarnya pengajuan selalu kami lakukan setiap tahun, tetapi sampai sekarang kami belum diberikan kejelasan kapan akan dipasang,” tuturnya.

Sahman juga mengakui, masyarakat beberapa kali telah dijanjikan pemasangan jaringan listrik termasuk pada tahun ini. Dia berharap, pemerintah dapat memenuhi janjinya untuk mengaliri pemukiman mereka dengan listrik.

“Memang beberapa kali, kami dijanjikan akan dipasang listrik termasuk tahun ini, namun kami belum mengetahui kapan kepastian pemasangannya dilakukan,” ujar Sahman.

Di tempat terpisah, Camat Brang Ene, Ahmad Ilung S.IP, yang konfirmasi media ini membenarkan harapan masyarakat akan ketersediaan listrik. Pihaknya juga sejak beberapa tahun yang lalu telah membantu masyarakat untuk mengajukan permohonan pemasangan jaringan listrik.

“Permintaan masyarakat akan listrik sejak lama telah kami upayakan melalui proposal permohonan,” katanya.

Namun disisi lain, Ilung mengemukakan, beberapa hal mengenai pertimbangan pemerintah tentang belum direalisasikannya hal itu. Ia mengungkapkan, permasalahan biaya pemasangan jaringan sebagaimana diungkapkan pemerintah kabupaten masih menjadi pertimbangan. Setelah dilakukan pengkajian mendalam, total anggaran yang harus dikucurkan pemerintah sekitar Rp 3 miliar lebih.

“Memang ada pertimbangan khusus dari pemerintah Kabupaten mengenai anggaran yang harus disediakan, namun pemerintah mengungkapkan tetap akan mengupayakan sesegera mungkin,” ungkapnya.

Dengan tidak berlepas tangan terhadap permasalahan ini, pihak kecamatan telah melakukan upaya alternatif sembari menunggu kepastian pemasangan listrik. Diantaranya, meminta pihak PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengambil listrik dari sumber terdekat untuk dialiri ke pemukiman. Namun, PLN tidak menyanggupi hal tersebut mengingat resiko masyarakat tersengat listrik sangat besar.

“Kami melakukan upaya lain dengan ketidakpastian kapan realisasi pemasangan jaringan listrik ini, termasuk meminta PLN mengaliri listrik dengan kabel seadanya, namun PLN tidak menyanggupi karena alasan Safety,” bebernya.

Ilung menambahkan, informasi yang diterima, pihaknya telah menerima sinyal positif dari pemerintah kabupaten untuk menghajatkan pemasangan jaringan listrik dalam waktu dekat di tahun ini.

“Kabar terakhir yang kami terima, akan ada pemasangan dalam waktu dekat, mengenai kepastian waktunya, kami belum dapat mengatakan sebelum ada musrembang Kabupaten nantinya,” tandasnya. (krom)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 56
    Bupati Janjikan Mekarsari Segera Nikmati ListrikTaliwang, KOBAR - Lama tidak tersentuh layanan listrik membuat masyarakat di Dusun Mekarsari, Desa Manemeng, Kecamatan Brang Ene, tidak kuasa menanti janji yang tak kunjung terlaksana. Layanan listrik yang hingga saat ini belum mampu diwujudkan pemerintah sejak 10 tahun lalu, menjadi angan-angan bahkan fatamorgana. Namun, sejenak mimpi warga lereng bukit panujan…
  • 43
    Para Penyuluh di Kabupaten Ditarik Ke ProvinsiTaliwang, KOBAR - Seperti halnya SMA/SMK, bidang kelautan dan pertambangan, penyuluh kehutanan dan perikanan pada Badan Ketahanan Pangan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BKP5K) Sumbawa Barat juga telah menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi NTB, akibat pemberlakuan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Sekretaris BKP5K, Arifin Fatahullah, membenarkan jika pihaknya…
  • 41
    Bupati Canangkan Hemat Listrik, Pol PP Ditugasi “Awasi Setrum”“Shalat Dzuhur Berjamaah Menjadi Keharusan” Taliwang, KOBAR - Pidato perdana Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, di hadapan seluruh SKPD, Camat dan Lurah, belum lama ini  seolah mengisyaratkan penyampaian program yang akan ditempuh tahun ini. Beberapa program yang disampaikan diantaranya mengenai penghematan energi listrik di seluruh lingkup instansi…
  • 41
    Distribusi Buku Penunjang K-13 “Bermasalah”Taliwang, KOBAR - Laporan yang diterima Dinas Kebudayaan Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) dari sejumlah sekolah, termasuk hasil kros cek lapangan menemukan, distribusi buku penunjang pelaksanaan Kurikulum tahun 2013 (K-13) masih bermasalah, bahkan ada sekolah yang belum sama sekali menerima buku dimaksud. Kabid Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi (Dikmenti), Aku Nurahmadin…
  • 41
    Bupati KSB Sampaikan Secara Global Capaian PemerintahanTaliwang, KOBAR - Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr KH Zulkifli Muhadli, SH, MM pada acara progress report ke-9 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu menyampaikan secara global capaian pemerintahan selama kurun waktu tahun 2013. Capaian yang disampaikan adalah implementasi dari visi KSB tahun 2011-2015, yaitu terwujudnya keunggulan wilayah pada semua bidang…
  • 40
    Kemendes PDTT Janjikan Infrastruktur Untuk Wilayah Terisolir di KSBAheruddin: Pemkab Harus Bergerak Cepat Jemput Bola Taliwang, KOBAR - Usulan program pembangunan untuk wilayah terisolir di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah mendapat respons positif dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Informasi ini disampaikan Ketua Komisi II DPRD setempat atas hasil Kunjungan Kerja (Kunker) pihaknya yang dilakukan…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H

1 Februari 2024 - 18:43

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H - Haedar Nashir - Ketua Umum PP Muhammadiyah

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK

12 Januari 2024 - 15:30

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK - Loker Trakindo

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate

8 Oktober 2023 - 18:01

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate - Tambang Emas Freeport Indonesia

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS

12 Agustus 2023 - 20:27

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS - Seleksi PPPK 2023 - CASN 2023

3.113 Orang Jemaah Haji NTB Telah Tiba di Kampung Halaman

30 Juli 2023 - 22:03

3.113 Orang Jemaah Haji NTB Telah Tiba di Kampung Halaman - Jamaah Haji Sumbawa - Bandara Internasional Lombok - Embarkasi Lombok

PT Adaro Energy Indonesia Buka 55 Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan Sarjana

9 Juli 2023 - 20:07

PT Adaro Energy Indonesia Buka 55 Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan Sarjana - Lowongan Kerja Terbaru PT Adaro Energy Indonesia
Trending di LOWONGAN KERJA
Don`t copy text!