Tapal Batas KSB-KS Belum Tuntas

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Aulina-Pallevia-Kasubbag-Pemerintahah-Umum-Sekda

Tapal Batas KSB-KS Belum Tuntas

Taliwang, KOBAR – Sengketa tapal batas wilayah antara Kabupaten Sumbawa Barat dengan Kabupaten Sumbawa belum juga usai. Hal ini dibuktikan dengan belum tercapai kesepakatan bersama antara kedua daerah serumpun itu. Mediasi yang pernah difasilitasi beberapa kali oleh Biro Administrasi Pemerintahan Umum Provinsi NTB tak juga membuahkan hasil. 

Aulina Pahlevia S.IP, Kepala Sub Bagian Pemerintahan Umum, Sekretariat Daerah (Setda) Sumbawa Barat, membenarkan hal itu. Ia mengaku pertemuan dengan pemerintah Sumbawa yang dimediasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB), belum menghasilkan satu kesepakatan apapun.

“Kami beberapa kali telah bertemu langsung dengan Pemerintah Sumbawa yang diwadahi pihak provinsi,” katanya.

Menurut  Aulina,  pertemuan terakhir dengan utusan pemerintah Sumbawa terjadi pada Juli hingga Agustus tahun 2015 lalu. Hingga 2016 ini pun masalah penyelesaian tapal batas terus diupayakan sembari menunggu konfirmasi dari pihak Pemerintah Provinsi sebagai mediator.

“Terakhir kita diinformasikan pemerintah provinsi jika persoalan tapal batas itu masih dibahas di Ke mendagri,” terangnya.

Untuk tahun ini pemerintah tambah Aulina, akan terus intens melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah provinsi maupun Kemendagri untuk mengupayakan penyelesaian persoalan tapal batas.

“Koordinasi juga akan dilakukan dengan pemerintah Kabupaten Sumbawa dengan cara-cara yang mengedepankan rasa kekeluargaan,” tukasnya.

Jika merunut pada sejarah, tapal batas KSB dengan kabupaten induk berada pada perbatasan di Sumur H Ako dan Pulau Kalong. Dasar hukumnya, merujuk pada Undang-undang (UU) nomor 30 tahun 2003 tentang pembentukan KSB, dimana Pulau Kalong masuk dalam wilayah KSB yang diperkuat oleh Keputusan Gubernur NTB. (krom)

About Post Author

Don`t copy text!