fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Bupati Desak PTNNT Dukung Pembangunan Smelter Di KSB

Kyai Zul: Tidak Harus Newmont yang Bangun

Taliwang, KOBAR – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr KH Zulkifli Muhadli SH MM, kembali mengingatkan bahwa pembangunan pabrik pemurnian (Smelter) atas konsentrat hasil produksi PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) harus dibangun di Bumi Pariri Lema Bariri. Dan hasrat itu harus didukung penuh oleh perusahaan tambang emas dan tembaga asal negeri paman sam itu.

Permintaan untuk pembangunan perusahaan smelter telah disampaikan oleh orang nomor satu di Bumi Pariri Lema Bariri itu kepada pemerintah pusat, termasuk ke managemen Newmont, lantaran berpijak bahwa KSB adalah kabupaten penghasil yang harus merasakan keuntungan atas aktifitas penambangan tersebut. “Saya minta Newmont dukung pembangunan smelter di KSB,” cetusnya beberapa waktu lalu.

Kyai Zul, sapaan akrab Bupati KSB mengakui bahwa pembangunan pabrik smelter bukan menjadi tanggung jawab dari Newmont, sehingga pemerintah KSB sudah berupaya untuk mendapatkan perusahaan yang memiliki keinginan untuk membangun smelter. “Tidak perlu Newmont yang membangun smelter, biarkan perusahaan lain yang akan membangunnya, sehingga perusahaan smelter itu bisa terbangun di KSB,” timpalnya.

Dukungan yang diharapkan dari Newmont adalah, kesediaan untuk melakukan pemurnian terhadap bahan baku (konsentrat) atau sebagai penyuplai bahan baku terhadap perusahaan smelter yang akan dibangun itu. “Kalau Newmont bersedia menyuplai bahan baku, maka perusahaan yang telah menyatakan minat untuk membangun smelter akan bersedia membangun pabrik di KSB,” terangnya.

Meskipun pada kesempatan itu Kyai Zul tidak menyebut perusahaan yang telah menyatakan minat untuk membangun smelter di KSB, namun beberapa waktu lalu pernah disampaikan bahwa ada investor asal Tiongkok yang berminat.

Perjuangan Bupati KSB untuk merealisasi pembangunan smelter mendapat dukungan dari banyak kalangan, karena secara tidak langsung akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat dan yang paling penting akan meningkatkan perekonomian daerah, lantaran ada perusahaan besar yang bisa menjadi pendukung pembangunan.

Politisi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Andi Laweng SH MH, kepada media ini menegaskan, langkah yang dilakukan pimpinan daerah itu wajib diberikan dukungan, karena kontribusinya cukup besar buat daerah dan masyarakat. “Secara pribadi maupun sebagai anggota DPRD KSB, kami siap untuk bersama Bupati KSB memperjuangkan pembangunan pabrik smelter di KSB, termasuk siap untuk mendesak Newmont memberikan dukungan,” katanya, berapi-api.

Andi Laweng juga mengaku akan melakukan perlawanan dengan Newmont, jika perusahaan itu tidak memberikan dukungan terhadap rencana pembangunan smelter di KSB. “Saya pikir kita semua mendukung operasional PTNNT selama ini, namun kalau perusahaan itu tidak mendukung pembangunan smelter, maka akan berhadapan dengan pemerintah dan masyarakat KSB,” tandasnya. (kimt)

Don`t copy text!