fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

TPS Sampah akan Berlokasi di Desa Banjar

Taliwang, KOBAR – Pencarian lahan untuk dijadikan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah yang dikumpulkan melalui kendaraan roda tiga oleh staf Badan Lingkungan Hidup (BLH) sudah ada titik temu. Informasi terbaru lokasi yang direncanakan adalah Desa Banjar. Penetapan itu sendiri belum final, lantaran belum ada proses penetapan dan pembelian terhadap lahan dimaksud.

Sekretaris BLH, Syafruddin BE kepada media ini mengakui jika kesulitan untuk mendapatkan lahan yang akan dijadikan TPS, lantaran adanya salah persepsi masyarakat, dimana dianggap bahwa TPS yang dicari itu adalah tempat pembuangan dan penyimpanan sampah, padahal lahan yang dibutuhkan untuk penyimpanan kontainer penampung sampah.

“Lahan yang kami butuhkan untuk tempat penyimpanan kontainer, dimana kontainer itu dijadikan tempat penampungan sementara sampah sebelum diangkut menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sehingga bisa dipastikan bahwa sampah yang dibuang ke TPS itu tidak bersentuhan langsung dengan tanah,” beber Din BE sapaan akrabnya.

Dibeberkan Din BE, setiap hari ada aktifitas pengangkutan sampah produksi masyarakat menuju TPS dan setiap hari juga akan ada aktifitas pengangkutan sampah yang dilakukan mobil sampah menuju TPS, sehingga tidak terjadi penumpukan sampah di lokasi TPS, dan yang perlu juga disampaikan bahwa lahan yang direncanakan menjadi TPS jauh dari pemukiman. “Lokasi yang direncanakan jauh dari pemukiman,” jelasnya.

Pencarian lokasi TPS itu sendiri dilakukan sudah lama, hanya saja belum ada yang representatif, sementara sampah yang diproduksi masyarakat harus tetap terangkut. “Selama ini kami menempatkan sampah untuk sementara di dalam areal terminal, namun hal itu sudah dilarang, sehingga saat ini pengangkutan sampah langsung menuju TPA,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengakui bahwa masih rendah kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempat yang telah disiapkan, termasuk tidak sedikit yang memilih membuang sampah pada areal sungai dan bantarannya, padahal BLH telah mengingatkan agar menyimpan sampah depan rumah, karena akan ada staf BLH dengan menggunakan kendaraan roda tiga yang akan mengangkutnya. (kimt)

Don`t copy text!