fbpx
BPBD Berencana Pasang Pipa Jaringan Ke Mantar

BPBD Berencana Pasang Pipa Jaringan Ke Mantar

Taliwang, KOBAR – Untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Desa Mantar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berencana memasang pipa jaringan, namun untuk melaksanakan hasrat itu membutuhkan biaya tidak sedikit, karena sumber air yang akan diambil terlalu jauh dari lokasi pemukiman.

“Tidak ada upaya yang bisa dilaksanakan BPBD dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Mantar, kecuali dengan cara melakukan pemasangan pipa jaringan, hanya saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit,” ucap kepala pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Drs Thalib Abdullah kemarin.

Konsep pemasangan pipa jaringan diakui bukan solusi akhir, karena ada beberapa kendala yang dihadapi selain akan menelan biaya terlalu besar, namun konsep itu yang menjadi pemikiran awal saat ini. “Kalau untuk memenuhi kebutuhan air bersih saat ini belum bisa dilakukan, karena tidak ada upaya yang bisa dilakukan,” tandas Thalib sapaannya.

Masih keterangan Thalib, saat ini dirinya masih melakukan evaluasi dan analisa konsep program yang bisa dilaksanakan untuk bisa memenuhi air bersih bagi masyarakat Desa Mantar, terutama konsep program jangka panjang. “Selain memikirkan konsep atau program dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih saat ini, kami juga sedang mencari solusi jangka panjang, sehingga setiap tahun tidak terdengarkan lagi desa budaya itu kesulitan air bersih,” lanjut Thalib.

Diingatkan Thalib, pihaknya sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk saat ini, karena kalau menggunakan kendaraan pengakut, sangat mustahil dengan kondisi akses jalan menuju Desa Mantar yang tidak bagus itu. “Kalau daerah lain kita sudah layani dengan menggunakan mobil, tetapi berbeda urusannya dengan Desa Mantar,” tegasnya. (kimt)

Don`t copy text!