fbpx
KSB Ekspres Beroperasi Di Dermaga Labuhan Lalar

KSB Ekspres Beroperasi Di Dermaga Labuhan Lalar

Taliwang, KOBAR – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) akan lebih maksimal memanfaatkan dermaga labuhan lalar, termasuk berencana mengalihkan pengoperasian kapal cepat KSB Ekspres.

Kepala Dishubkominfo, Manawari S.Sos yang dikonfirmasi senin 29/9 kemarin menegaskan, untuk pengalihan tempat menaikkan dan menurunkan penumpang di Dermaga Labuhan Lalar oleh kapal KSB Ekspres memang membutuhkan beberapa persiapan dan kelengkapan dermaga. Jika sarana pendukung bisa dirampungkan pada tahun 2015 mendatang, maka bisa diputuskan tidak lagi di sekitar pelabuhan milik PT. Newmont Nusa Tenggara (NNT).

Manawari sepakat jika KSB Ekspres tidak boleh memanfaatkan dermaga milik perusahaan untuk melakukan aktifitasnya, karena dermaga itu tidak diperuntukan bagi kapal cepat tersebut. “Pokoknya, setelah dermaga labuhan lalar memiliki sarana pendukung, maka kapal itu harus juga memanfaatkannya,” timpal Manawari.

Masih keterangan Manawari, dermaga Benete kedepan akan di plot sebagai dermaga khusus bagi PT. NNT, dimana perusahaan akan melakukan aktifitas melalui dermaga itu, agar bisa dilakukan pemantauan dan pengawasan atas aktifitas bongkar muat yang dilakukan.

Menyinggung soal fasilitas yang akan dibangun di dermaga Labuhan Lalar agar bisa mengalihkan pengoperasian KSB Ekspres, termasuk beberapa kapal lain adalah jeti, atau jembatan yang menuju pada areal kedalaman termasuk sebagai fasilitas pendukung pengoperasian dermaga Labuhan Lalar.

Manawari juga menegaskan jika pihaknya telah membangun komunikasi dengan perusahaan semen Basoa, kapal pengangkut kayu dan hasil bumi lainnya untuk memanfaatkan fasilitas tersebut. “Saya punya hasrat besar pada November mendatang Dermaga Labuhan Lalar sudah beroperasi atau sudah dimanfaatkan sesuai ijin yang dikeluarkan Bupati KSB,” timpalnya. (kimt)

Don`t copy text!