11/07/2020

Nilai Asset Capai Rp. 1,347 T

Taliwang, KOBAR – Harta kekayaan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam bentuk asset bergerak dan tidak bergerak sampai Desember Tahun 2013 sudah mencapai Rp. 1,347 triliun. Angka kekayaan itu tertuang dalam laporan neraca pemerintahan.

Kabag Asset sekretariat daerah, Muhammad Yusuf Sip yang dikonfirmasi senin 22/9 kemarin menyampaikan, nilai asset yang tidak bergerak mencapai Rp. 899,199 miliar, sementara untuk asset bergerak atau yang juga disebut dengan peralatan mesin sebanyak Rp. 158,825 miliar.

“Asset tidak bergerak itu sendiri meliputi kepemilikan atas tanah, gedung, jalan, irigasi dan jaringan, sementara asset bergerak atau peralatan mesin berupa kendaraan bermotor, komputer dan beberapa alat mesin lainnya,” beber Yusuf sapaan akrabnya.

Baca Juga :  Dewan Minta Bukti Penetralan Air Asam Tambang Newmont

Masih keterangan Yusuf, asset yang tercatat itu termasuk beberapa hak pemerintah yang berada di luar Bumi Pariri Lema Bariri, dimana saat ini ada rumah yang diperuntukkan sebagai asrama mahasiswa, termasuk asset atau barang pengadaan untuk memenuhi kebutuhan atau perlengkapan dalam asrama itu sendiri.

Angka kekayaan dalam bentuk asset bisa bertambah, karena ada beberapa pekerjaan yang dilakukan tahun 2014, termasuk pengadaan tanah yang akan tercatat dalam data asset. “Saat ini belum bisa dikalkulasi jumlah total asset sejak tahun 2004 lalu, karena masih tahun berjalan 2014, jadi di akhir tahun baru mendapatkan angka pasti jumlah asset,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pelaksanaan UN SLTA di KSB Aman Terkendali

Menyinggung soal keberadaan asset, Yusuf mengaku jika saat ini bersama Inspektorat Kabupaten (Itkab) sedang melakukan pelacakan, karena asset harus terinventarisir dengan baik dan harus diketahui keberadaannya. “Anda bisa lihat sekarang ruangan ini kosong, karena staf asset sedang keliling untuk melakukan pendataan asset,” lanjut Yusuf.

Diakui juga jika yang dilakukan sekarang bukan sekedar melakukan pendataan, tetapi harus dibuktikan secara fisik atas asset itu, meskipun kondisi asset dalam keadaan rusak atau tidak bisa difungsikan lagi. (kimt)

loading...
Bagikan di:

KOMENTAR

Komentar